31 C
Kudus
Minggu, April 14, 2024

Senangnya Susi, Warga Brebes Ini Dapat Hadiah Renovasi Rumah Saat HUT Jateng

BETANEWS.ID, BREBES – Senyum semringah langsung terpancar di wajah Susi (40), saat mengetahui rumahnya akan dapat bantuan renovasi dari Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo. Hadiah itu makin terasa spesial karena diserahkan langsung oleh Ganjar di rumahnya, Desa Tengki, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Kamis (10/8/2023).

“Seneng banget, sangat membantu saya. Saya selama ini tinggal di rumah yang masih berdinding geribik (anyaman bambu). Lantainya juga masih plester dan atap sering bocor,” kata Susi.

Tak hanya tinggal di rumah tidak layak huni, rumah itu juga ditempati tiga kepala keluarga. Sehari-hari, keluarganya berbagi tempat kecil itu bersama dua keluarga besarnya yang lain.

Baca juga: Dapat Bantuan Rumah dari Ganjar, Eka: ‘Tidak Menyangka, Kirain Bohongan’

“Rumahnya ditinggali nenek, ibu, dan saya. Jadi sehari-hari ya tinggal di sana. Ini dapat bantuan bisa untuk memperbaiki dan menambah kamar,” jelasnya.

Tak hanya Susi, dalam kesempatan itu Ganjar dan Atikoh memberikan bantuan rehab RTLH kepada warga lain. Sebanyak 563 rumah tidak layak huni mendapat bantuan dari Ganjar.

Selain itu, ada juga bantuan paket sembako, jambanisasi, kesehatan dan lainnya. Bantuan itu berasal dari sejumlah instansi, yakni OPD Jateng, BAZNAS Jateng, Korpri, RSUD, Bulog, dan lainnya.

“Terima kasih bantuannya Pak Ganjar. Terima kasih untuk selalu peduli pada masyarakat bawah. Semoga Pak Ganjar sehat dan sukses selalu,” ucap Susi.

Sementara itu, Ganjar mengatakan perayaan HUT Jateng selalu dilakukan dengan banyak kegiatan sosial, salah satunya di Brebes.

Baca juga: Hanya Kerja Serabutan untuk Cukupi Kebutuhan Keluarga, Amin Senang Rumahnya Direnovasi Ganjar

“Kami kasih bantuan kepada warga yang ada di Brebes. Tadi ada RTLH, jambanisasi termasuk bantuan gizi untuk ibu hamil, agar kita bisa mencegah stunting. Dan kita dibantu oleh Baznas, terima kasih bantuannya,” ucapnya.

Untuk diketahui, sepanjang 2016 hingga 2022, sebanyak 1.269.056 unit rumah tidak layak huni (RTLH) telah direhabilitasi menjadi Rumah Sehat Layak Huni (RSLH). Pada 2013, jumlah RTLH di Jateng sebanyak 1,68 juta unit. Jumlah tersebut berkurang drastis pada akhir Desember 2022 menjadi 640.838 unit.

Pada 2023, Pemprov Jateng menambahkan bantuan RTLH menjadi 15.000 unit dengan nilai bantuan Rp20 juta per unit. Target itu diharapkan dapat dituntaskan pada semester pertama 2023.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER