31 C
Kudus
Sabtu, September 23, 2023

Musthofa Beri Bantuan Sumur Bor ke Petani Kudus di Lima Titik

BETANEWS.ID, KUDUS – Anggota DPR RI, Musthofa, memberikan bantuan sumur bor kepada petani Kudus di lima titik, yaitu di Desa Jepang, Kecamatan Mejobo; Desa Ngembal Kulon, Kecamatan Jati; dan tiga titik di Desa Jati Kulon, Kecamatan Jati.

Staf dan Tenaga Ahli Musthofa, Mulawarman, menjelaskan, bantuan yang bersumber dari Kementerian Pertanian kepada Kelompok Tani di masing-masing desa itu menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023.

“Bantuan ini merupakan usulan dari para petani kepada Pak Musthofa dan sebelumnya sudah sempat didiskusikan dengan Kelompok-kelompok Tani dari tahun 2022 yang lalu,” ungkap Pria yang akrab disapa Ucil itu melalui siaran tertulisnya, Rabu (30/8/2023).

Baca juga: 2023 Tak Ada Anggaran Penanganan Banjir di Kudus

Ucil mengatakan, nantinya para petani dapat meningkatkan produksi dan tentunya juga pendapatan. Hal ini juga sebagai langkah modernisasi petani dalam mengelola usaha tani. Apalagi bila dilihat dari spesifikasinya, kapasitas sumur dan pompanya ini mampu mengairi area persawahan seluas satu hektare.

“Sehingga lumayan membantu petani di wilayah tersebut yang kebetulan merupakan area pertanian tadah hujan,” ujarnya.

Kepala Desa Ngembal Kulon, Moh Khanafi, menyampaikan terima kasih atas bantuan sumur tersebut. Bantuan itu sangat membantu para petani dalam mengairi lahan sawah.

Baca juga: Waspada! Cuaca Kudus Makin Panas, Suhu Tembus 34 Derajat Celcius

“Selain itu, sumber pengairan yang kini berada di dekat area persawahan, dapat mengurangi biaya operasional yang sebelumnya dikeluarkan oleh petani,” bebernya.

Namun demikian, Khanafi berharap akan ada bantuan lagi sejumlah sumur air dangkal di kawasan lain di wilayahnya, sehingga para petani yang selama ini hanya mengandalkan air tadah hujan tak lagi hanya bisa menanam tebu saja, tapi juga dapat digunakan untuk bertanam palawija.

“Syukur ada tambahan bantuan sumur lagi serta bibit dan alat pertanian lainnya untuk wilayah kami, agar sektor pertanian di Ngembal Kulon ini menjadi semakin produktif,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,308PengikutMengikuti
118,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER