31 C
Kudus
Sabtu, September 23, 2023

Kembali jadi Pj Bupati Pati, Henggar Diminta Kerja Sungguh-sungguh untuk Masyarakat

BETANEWS.ID, PATI – Pada 21 Agustus 2023 kemarin, Henggar Budi Anggoro secara resmi menerima Surat Keputusan (SK) perpanjangan sebagai Penjabat (Pj) Bupati Pati, yang diserahkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang.

Terkait dengan menjabatnya kembali Henggar sebagai Pj Bupati Pati, Ali Badrudin, Ketua DPRD Pati berpesan, agar Henggar bekerja bersungguh-sungguh untuk masyarakat Kabupaten Pati.

Baca Juga: Wakil Ketua I DPRD Pati Minta Pemkab Tepati Janji Soal Bonus Atlet Porprov

“Karena Pati ini butuh pemimpin yang bener-bener tegas, kemudian berani, kemudian bersih, dan yang paling penting itu mau mendengarkan masukan dan saran dari masyarakat, ” ujar Ali, Kamis (24/8/2023).

Selanjutnya, yang tidak kalah penting katanya adalah, seorang Pj Bupati ini mau mendengarkan keluhan dari masyarakat. Sekecil apapun itu, menurutnya, seorang pemimpin harus mau merespon.

Kemudian, terkait dengan tahun politik, Ali juga meminta agar Pj Bupati Pati bisa menjaga kondusivitas di wilayahnya.

“Harus bisa jaga kondusivitas. Ya itu tadi, sekecil apapun, harus mau mendengarkan saran dari masyarakat,” ungkapnya.

Sebelumnya, DPRD Pati telah melayangkan usulan tiga nama kepada Kemendagri. Dari tiga itu, nama Henggar Budi Anggoro kembali muncul dalam usulan DPRD tersebut. selain itu ada nama Bambang Santoso yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris DPRD Pati dan Teguh Widyatmoko yang saat ini menempati posisi sebagai Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Pati.

”Itu kan sebenarnya wewenang pusat. Kami hanya diminta mengusulkan, ya tetap kami taati. Kami mengusulkan Pak Bambang Sekwan DPRD, Pak Pj Bupati Pati sendiri Henggar, dan Kepala Dishub Pati Pak Teguh,” ujar beberapa waktu lalu.

Dia menegaskan, jika keputusan untuk menetapkan Pj Bupati Pati tetap berada di pusat. Bahkan pihaknya juga tidak bisa melakukan intervensi, tetapi hanya sebatas mengusulkan.

Baca Juga: Perhutani Pati Tetapkan Siaga Kebakaran Hutan, KPH Regaloh Paling Rawan

Ali kemudian melakukan kilas balik pada saat DPRD Pati diminta untuk mengusulkan tiga nama sebagai Pj Bupati Pati menggantikan Hariyanto yang telah habis masa jabatannya sebagai Bupati Pati. Namun, ketiga nama yang diusulkan tidak ada yang dipilih oleh Kemendagri.

”Waktu itu juga kami mengusulkan tiga nama, tapi satu pun tidak ada yang masuk karena kewenangan pusat. Penunjukan Pj Bupati sepenuhnya menjadi wewenang pusat. Kami hanya sebatas mengusulkan saja,” ucapnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,308PengikutMengikuti
118,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER