31 C
Kudus
Senin, Mei 27, 2024

Kelenteng Hian Thian Shiang Tee Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru di Jepara

BETANEWS.ID, JEPARA – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara berencana menjadikan Kelenteng  Hian Thian Shiang Tee yang berada di Sebelah Selatan Pasar Welahan menjadi destinasi wisata baru.

Sub Koordinator Sejarah dan Kepurbakalan, Disparbud Kabupaten Jepara, Lia Pupardianik, menjelaskan, saat ini pihaknya sedang memetakan apa saja kebutuhan fasilitas untuk menunjang pariwisata di tempat ibadah tersebut.

Salahs atu pembenahan yang akan dilakukan adalah membenahi pengelolaan area pasar. Hal tersebut dimaksudkan agar akses jalan bagi pengunjung pada saat akan menuju ke kelenteng dapat lebih mudah dan leluasa.

-Advertisement-

Baca juga: Kisah RA Kartini yang Hidupnya Terselamatkan Setelah Dapat Obat dari Kelenteng Hian Thian Siang Tee

“Kalau dari segi bangunan kelentengnya kami lihat cukup lumayan terawat meskipun perawatan benda-benda yang masuk dalam kategori kuno masih perlu banyak diperhatikan. Sedangkan pembenahan area pasar paling tidak akses pengunjung dapat lebih leluasa,” jelasnya, Kamis (6/7/2023).

Menurutnya, Kelenteng Hian Thian Shiang Tee punya letak yang strategis yaitu berada di Kawasan Pecinan Welahan dan dekat pasar tradisional.

Selain itu, bangunan kelenteng juga masih banyak yang asli meski ada yang sudah dipugar. Di area kelenteng juga masih terdapat bangunan asli yang saat ini jadi gudang penyimpanan barang.

Baca juga: Kelenteng Hian Thian Siang Tee di Jepara Ini Simpan Patung Dewa Obat Tertua di Asia Tenggara

“Harapannya tidak hanya menjadi destinasi wisata kelenteng  tetapi juga wisata budaya untuk mempelajari arstitekturnya maupun tradisi yang masih dilakukan di kawasan pecinan,” katanya.

Tak hanya itu, Disparbud juga sedang mengkaji kelenteng tersebut untuk diajukan sebagai warisan cagar budaya di Jepara yang rencananya akan diresmikan pada 2024 mendatang.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER