31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

Kenaikan Harga Telur di Demak Dipicu Kelangkaan Stok dari Peternak

BETANEWS.ID, DEMAK – Harga telur ayam di Demak terus merangkak naik hingga mencapai Rp32 ribu per kilogram. Salah satu faktor yang mempengaruhi naiknya harga ini adalah langkanya pasokan dari peternak.

Penjual Sembako di Pasar Bintor Demak, Sri Mulyani, mengatakan, naikanya harga telur ini sudah terjadi sejak Lebaran. Sri terpaksa menaikan harga jual telur, karena menyesuaikan harga beli dari distributor sebesar Rp29,500 per kilogram. Sedangkan harga semula Rp27-28 ribu per kilogram.

“Saya ambil telur dari distributor telur, kalau di sana naik saya juga naik,” bebernya saat ditemui di Pasar Bintoro, Jalan Sultan Fatah, Petengan Selatan, Bintoro, Demak, Rabu (24/5/2023).

-Advertisement-

Baca juga: Sedekah Bumi dan Hajatan Warga Jadi Pemicu Harga Telur Naik

Akibat dari kenaikan telur itu mempengaruhi hasil penjualannya. Sri yang biasanya bisa menghabiskan tiga kotak telur (satu kota birisi 10 kilogram), kini hanya bisa menjual sampai dua kotak telur setiap harinya.

“Kalau tidak naik bisa habis tiga kotak. Kalau mahal seperti ini dua sampai satu kotak pernah, rata-rata segitu. Satu kotaknya 10 kilogram,” terangnya.

Berbeda dengan Sri, Distributor telur Pasar Bintoro, Kiswati, mengaku kenaikan harga telur tidak mempengaruhi hasil penjualannya. Menurutnya, lonjakan harga telur karena pasokan dari peternak tersendat.

Baca juga: Harga Telur Terus Meroket, di Pati Tembus Rp32 Ribu per Kilogram

“Harga per kotak Rp290 ribu, per kilogram Rp30 ribu kalau sekarang. Naik karena telur dari peternak langka, ayamnya banyak yang gagal produksi” jelasnya.

Stok telur yang mulai menipis, terkadang membuat Kiswati kesusahan menuruti permintaan konsumen. Sebab, terjadi hambatan pengiriman dari peternak.

“Tiga hari sempat langka, tidan dikirim-kirim. Sehari biasanya bisa dikirim 100 peti telur, ” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER