31 C
Kudus
Senin, Mei 27, 2024

Setiap Senin dan Kamis Kelenteng Hok Tik Bio Pati Sediakan Warung Gratis untuk Buka Puasa

BETANEWS.ID, PATI – Kelenteng Hok Tik Bio Pati bekerja sama dengan Polresta Pati, Kodim 0718/Pati, Taman Hati Family, dan Orari lokal Pati menyediakan warung gratis untuk berbuka puasa setiap Senin dan Kamis.

Ketua Umum Kelenteng Hok Tik Bio, Eddy Siswanto, mengatakan, pada momen Ramadan, pihaknya rutin memberikan takjil untuk buka puasa. Tahun-tahun sebelumnya, biasanya pembagian takjil dilakukan di pinggir jalan.

“Untuk saudara-saudara muslim yang mau berbuka, silakan untuk berbuka di kelenteng sini. Setidaknya, untuk setiap kesempatan ini, biasanya kami menyediakan tidak kurang dari seribu porsi makanan,” ujar Eddy.

-Advertisement-

Baca juga: Masjid Sheikh Zayed Solo Siapkan 6.000 Makanan Berbuka Gratis Setiap Hari Selama Ramadan

 Warung gratis itu, menurutnya juga menunjukkan pluralisme dan toleransi antarumat beragama, serta antarras maupun suku. Sehingga, kegiatan seperti ini diharapkan bisa terus berjalan, begitu pun dengan kegiatan lainnya.

Kelenteng, menurutnya adalah budaya. Untuk itu, pihaknya mengaplikasikan budaya tersebut dengan kegiatan yang menggandeng seluruh elemen antarumat beragama. Dalam kegiatan ini, di Kelenteng Hok Tik Bio juga diadakan hiburan, yakni rebana.

Sementara itu, Hasan, salah satu warga yang ikut berbuka puasa di kelenteng tersebut menyebut, dengan adanya warung gratis itu sangat bermanfaat bagi warga yang ingin berbuka.

Baca juga: Masjid Agung Demak Sediakan Menu Buka dan Sahur Gratis Selama Ramadan

“Seperti saya ini, kadang pas waktu buka puasa itu bisanya nggak sempat untuk buka di rumah. Jadi yang seneng, kalau ada yang menyediakan buka puasa, apalagi gratis seperti ini,” ungkapnya.

Ia berharap, kegiatan-kegiatan positif seperti ini terus tumbuh, sehingga bisa menumbuhkan kerukunan antarwarga maupun antarumat beragama. “Apalagi, kelenteng ini kan memang identik dengan budaya China,” imbuhnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER