31 C
Kudus
Selasa, Juni 25, 2024

Ribuan Pengunjung Bakal Ramaikan Kirab Klentang Welahan, Polres Jepara Terjunkan 100 Personel

BETANEWS.ID, JEPARA – Kirab perayaan hari kelahiran Dewa Hian Thian Shiang Tee di Desa Welahan, Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara, diprediksi bakal menyerap 2000 lebih pengunjung. Perayaan yang juga sering disebut Cembengan itu, tidak hanya dihadiri oleh warga Jepara, tapi juga berbagai umat Khong-Hucu dari berbagai wilayah di Indonesia.

Perayaan kirab yang dilakukan di sekitar area Pasar Welahan tersebut juga berbarengan dengan persiapan masyarakat dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. Sehingga diprediksi akan mengalami lonjakan pengunjung, baik yang berbelanja ke pasar maupun yang melihat pertunjukan Kirab.

Baca juga: Kelenteng Welahan akan Gelar Perayaan Kelahiran Dewa, Bertepatan 5 Peristiwa Besar

-Advertisement-

Kompol Sutono, Kabag Ops Polres Jepara yang ditemui usai pelaksanaan Jumat Curhat di Klenteng Hian Thian Shian Tee, Welahan, mengatakan pihaknya akan menerjunkan dua pasukan pleton atau sekitar 100 personel polisi untuk mengamankan perayaan kirab tersebut.

“Kami sudah melakukan rapat koordinasi baik dengan panitia atau pengurus klenteng, ini sudah kami rencanakan dengan matang karena ini juga berbarengan dengan Ramadan jelang Idul Fitri dan akan ada juga operasi ketupat candi. Kami juga sudah mendirikan pos pengamanan di depan Terminal Welahan,” katanya pada Betanews.id, Jumat (14/04/2023).

Ia juga menghimbau kepada masyarakat, meskipun nantinya rute perayaan kirab tidak melalui jalan utama, masyarakat tetap diminta waspada terhadap adanya tindakan kriminal.

Masyarakat yang berkunjung nantinya diharapkan tidak membawa sesuatu yang memancing tindakan kriminal, misalnya perhiasan, dan juga berhati-hati dalam membawa barang pribadi terutama HP yang sering menjadi sasaran pencurian.

Baca juga: Kisah RA Kartini yang Hidupnya Terselamatkan Setelah Dapat Obat dari Kelenteng Hian Thian Siang Tee

“Dari Kapolsek dan seluruh jajaran akan kami terjunkan, namun itu semua tidak akan maksimal tanpa dukungan dari masyarakat,” tambahnya.

Ia juga menambahkan, pihaknya akan melakukan pantuan di titik-titik kemanaan seperti di area dekat tanggul sungai kali serang yang menjadi perbatasan Demak dan Jepara, di titik utama pelaksanaan kirab, area sekitar pasar, dan juga di ruas jalan utama.

Editor: Suwoko

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER