31 C
Kudus
Minggu, April 14, 2024

Peringati Hari Jadi, Kelenteng Hian Thian Siang Tee Akan Gelar Kirab Barongsai

BETANEWS.ID, JEPARA – Kelenteng Hian Thian Siang Tee yang berada di Area Pasar Welahan, Kabupaten Jepara bakal melaksanakan gelaran kirab dalam rangka hari kelahiran kelenteng pada 19-22 April 2023. Kirab ini kembali dilaksanakan tahun ini setelah vakum selama tiga tahun saat pandemi Covid-19.

Kirab tersebut bakal dimeriahkan dengan pertunjukan Barongsai, Liong, serta Reog Ponorogo yang diarak bersama Dewa Hian Thiang Siang Tee. Selain kirab, ada juga pagelaran Wayang Potehi.

Namun, di tengah persiapan Haru Ulang Tahun (HUT), pengurus yayasan kelenteng mengeluhkan fasilitas serta sarana prasarana yang berada di sekitar kelenteng yang membutuhkan perbaikan.

Baca juga: Kelenteng Hian Thian Siang Tee di Jepara Ini Simpan Patung Dewa Obat Tertua di Asia Tenggara

Salah satu pengurus yayasan klenteng, Warsono (56), mengatakan bahwa banyak lampu jalan di sekitar area kelenteng yang mati. Kemudian jalan yang bakal menjadi rute dalam pelaksanaan kirab juga banyak yang membutuhkan perbaikan. 

Karena nantinya para tamu yang datang pada perayaan tersebut tidak hanya dari kalangan lokal tetapi dari berbagai daerah di Indonesia. Sebab kelenteng tersebut memiliki warisan benda pusakan berupa dewa Hian Thian Siang Tee yang tertua se-Indonesia. Makanya, ia berharap ada perhatian dari pihak dinas terkait terhadap penataan sarana dan prasarana.

“Banyak lampu jalan yang mati, kemudian masalah sampah serta penataan area pasar yang kalau bisa pengurusnya disentil agar merapikan para pedagang,” katanya pada Betanews ketika ditemui usai melaksanakan audiensi dengan PJ bupati Jepara Selasa, (04/04/2023).

Baca juga: Kisah RA Kartini yang Hidupnya Terselamatkan Setelah Dapat Obat dari Kelenteng Hian Thian Siang Tee

Kepala Dinas Penataan Ruang dan Pekerjaan Umum (PUPR), Ary Bachtiar, yang turut hadir dalam audiensi tersebut menjelaskan bahwa pihaknya sudah mengorganisir area di sekitar kelenteng tersebut yang membutuhkan perbaikan serta perhatian. Ia mengatakan akan secepatnya menindaklanjuti persoalan tersebut. 

“Sudah ada perbaikan rutin, pokoknya nanti sebelum acara jalan yang dikeluhkan sudah bisa digunakan. Nanti Senin juga akan diadakan rapat lagi dengan beberapa pihak terutama desa dan kecamatan,” ujarnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER