31 C
Kudus
Senin, Juli 22, 2024

Nilai Transaksi Selama Gelaran Dandangan Akan Dihitung

BETANEWS.ID, KUDUS – Setelah dua tahun absen karena pandemi, tradisi Dandangan akan kembali digelar tahun ini. Pada gelaran Dandangan tahun ini, akan sedikit berbeda dengan gelaran sebelum pandemi, yakni nilai transaksi tiap pedagang akan dihitung.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pedagang Kaki Lima (PKL) pada Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus, Imam Prayitno. Dia menuturkan, penghitungan nilai transaksi di setiap stand pedagang untuk mengetahui perputaran uang selama gelaran tradisi Dandangan berlangsung.

Baca juga: Jualan di Tradisi Dandangan Biayanya Rp1 Juta, Pendaftar Membeludak

-Advertisement-

“Dengan begitu, kami bisa memperkirakan geliat ekonomi, khususnya di Kudus. Serta memperkirakan jumlah pengunjung selama gelaran Dandangan berlangsung,” ujar pria yang akrab disapa Imam saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (21/2/2023).

Karena pada gelaran sebelumnya tak pernah dilakukan, lanjut Imam, pihaknya pun tak bisa mematok target nilai transaksi selama gelaran Dandangan berlangsung di tahun ini. Ia pun tak bisa memperkirakan berapa pengunjung yang akan datang dalam gelaran Dandangan.

“Belum punya target nilai transaksi. Kan baru akan kita hitung pada gelaran tahun ini. Dengan penghitungan pada gelaran tahun ini, akan bisa dijadikan patokan target pada gelaran Dandangan selanjutnya,” tandasnya.

Untuk teknis penghitungan nilai transaksi, kata dia, belum menggunakan perangkat tapi dilakukan secara manual. Nanti ada petugas yang mendatangi tiap stand pedagang dua hari sekali untuk mendata.

“Dua hari sekali nanti ada petugas yang memberikan kuesioner kepada para pedagang,” ungkap Imam.

Baca juga: UMKM Luar Kudus yang Ikut Dandangan Diwajibkan Kulakan di Pasar Kliwon, Ini Alasannya

Sementara untuk jumlah pedagang yang mendaftar lanjut Imam, saat ini sudah ada 670 orang. Padahal stand yang disediakan hanya 600 petak saja.

“Ini pendaftar sudah overload. Nanti yang bisa berjualan itu 600 saja, sementara yang 70 itu masuk dalam daftar tunggu untuk antisipasi jika ada yang mundur. Sebab komitmen kepastian berjualan di Dandangan itu dua pekan sebelum gelaran dengan membayar Rp 1 juta. Jika tidak kami anggap mundur,” tegasnya.

Editor: Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER