31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

Jualan di Tradisi Dandangan Biayanya Rp1 Juta, Pendaftar Membeludak

BETANEWS.ID, KUDUS – Setelah dua tahun vakum karena pandemi, tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus kembali menggelar Tradisi Dandangan. Gelaran menjelang Ramadan itu akan melibatkan 600 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Pedagang Kaki Lima (PKL) dari dalam dan luar Kudus. Pendaftaran pun sudah dibuka mulai 6 sampai 11 Februari 2023.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) PKL pada Dinas Perdagangan (Disdag) Imam Prayitno, sejak membuka pendaftaran, jumlah pedagang yang ingin berjualan membeludak. Selain karena dua tahun vakum, Dandangan ini merupakan event terbaik dan teramai di Kudus, sehingga menarik banyak pedagang untuk ikut serta.

“Event-event sebelum Dandangan saja peminatnya banyak, dan pengunjungnya juga cukup ramai. Oleh karenannya, pedagang yang daftar pasti membeludak karena dipastikan akan lebih ramai pengunjung,” ujar Imam saat ditemui di kantornya, Rabu (8/2/2023).

-Advertisement-

Baca juga: UMKM Luar Kudus yang Ikut Dandangan Diwajibkan Kulakan di Pasar Kliwon, Ini Alasannya

Dia mengatakan, pendaftaran UMKM dan PKL itu bisa melalui berbagai pihak, mulai Disdag, Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disnakerperinkop-UK), Dinas Pariwisata, Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Kudus, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kudus, hingga Komunitas UMKM dan PKL.

Untuk syarat daftarnya cukup membawa KTP dan bersedia membayar Rp1 juta jika nanti lolos verifikasi terkait kelayakan jualannya. Uang itu untuk sewa lahan, tenda, dan listrik selama 10 hari berjualan.

Baca juga: Tradisi Dandangan Dipastikan Digelar, Ini Syarat Bagi Pelaku UMKM yang Ingin Berjualan

Salah satu pendaftar Dika Pradana (20) mengaku tertarik berjualan di Dandangan, karena tradisi itu merupakan event besar yang kemungkinam akan dikunjungi banyak orang. Oleh karenanya, ia berharap bisa lolos verifikasi hingga nanti bisa berjualan di sana.

“Baru tahun ini saya daftar berjualan di Dandangan, semoga saja lolos verifikasi. Harapannya, selain ikut memeriahkan, semoga saja daganganku juga laris,” ujar warga Bae, Kudus yang akan menjual aneka olahan pisang kekinian itu.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER