31 C
Kudus
Kamis, Februari 22, 2024

Gus Yasin Puji UIN Walisongo yang Bantu Belasan Ribu UMKM Peroleh Sertifikat Halal

BETANEWS.ID, SEMARANG – Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, mengapresiasi upaya UIN Walisongo Semarang atas sumbangsihnya pada pelaku UMKM. Mengingat,  kampus yang berada di Ngaliyan itu sudah memfasilitasi sekitar 15 ribu pelaku usaha dalam memperoleh sertifikat halal melalui Walisongo Halal Centre.

“Kemarin waktu pertemuan H20 di Semarang, kebetulan salah satu pendamping produk halal dari UIN (Walisongo) ini yang terbesar. Terima kasih saya sampaikan. Tadi disampaikan juga ada 15 ribu produk halal yang didampingi oleh UIN yang 4.000 masih running. Insyaallah karena di sini ada pendamping, insyaallah akan berjalan dengan baik dan itu akan tercapai ” kata Gus Yasin saat membuka bimbingan teknis Pendamping Proses Produk Halal (PPH) dan penyerahan sertifikat halal, di Kampus III UIN Walisongo Semarang, Jumat (10/03/2023).

Gus Yasin saat membuka bimbingan teknis Pendamping Proses Produk Halal (PPH) dan penyerahan sertifikat halal, di Kampus III UIN Walisongo Semarang, Jumat (10/03/2023). Foto: Ist

Dia menambahkan, perlu gotong royong semua pihak untuk menyukseskan sertifikasi produk halal. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, terus melakukan berbagai upaya agar sertifikasi produk halal bisa menyeluruh hingga ke hulu. Salah satunya, pelatihan dan fasilitasi uji kompetensi juru sembelih halal.

Baca juga: Gus Yasin Usul Ada Lembaga yang Awasi Produk Bersertifikat Halal

Wagub membeberkan, juru sembelih halal yang telah mendapat sertifikat kompetensi, dapat ditempatkan di rumah potong hewan dan unggas. Dengan demikian, lanjutnya, sertifikasi halal bagi rumah potong bisa segera diwujudkan. Selain itu, pemerintah juga memfasilitasi investor untuk membuat RPH/RPU halal. Melalui Dinas Koperasi dan UKM (Dinkop UKM) serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Pemprov Jateng juga menyediakan fasilitas bagi pelaku UMKM, untuk mendapatkan sertifikasi produk halal.

“Informasi yang masuk ke saya, ada beberapa RPH yang masih running (proses), ada di Kudus, Blora, Sragen, Kebumen. Karena kita semua sama, selalu bicara tentang produk halal,” imbuhnya.

Baca juga: 2.144 UKM di Jateng Dapat Bantuan Sertifikat Halal dari Ganjar

Gus Yasin berharap, lebih banyak lagi lembaga seperti Walisongo Halal Centre. Menurutnya, apabila semakin banyak pendamping halal bagi UMKM, maka target 10 juta sertifikasi halal yang menjadi program pemerintah pusat bisa segera terealisasi.

“Kalau kita mau bekerja sama semua, ya saya ingin universitas yang lain, khususnya universitas yang berbasis syariah, harusnya mereka juga membentuk satgas pendamping sertifikat halal ini untuk melihat sekelilingnya. Kalau kita bersama-sama, saya yakin target 10 juta itu bisa kita capai,” tutup wagub.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER