31 C
Kudus
Senin, Juli 22, 2024

Dongkrak Ekspor, Pj Bupati Jepara Luncurkan Pameran Furnitur Internasional

BETANEWS.ID, JEPARA – Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanto secara resmi melaunching pameran furnitur internasional, Jepara International Furniture Buyer Weeks (JIF-BW) 2023 di Pendapa Kartini, Kamis (16/02/2023) malam. Gelaran ini merupakan salah satu upaya mendongkrak capaian ekspor yang menurun selama pandemi Covid-19.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, JIF-BW 2023 digelar secara daring melalui situs jifbw.com pada 5-19 Maret 2023. Di sana, calon pembeli bisa melihat secara langsung katalog furnitur dari pengusaha kecil hingga besar di Kota Ukir.

Edy Supriyanto membeberkan, nilai ekspor produk furnitur Jepara mengalami penurunan dari 188,3 juta US Dollar pada 2020 menjadi 183,6 juta US Dollar pada 2021.

-Advertisement-

Baca juga: Kemendagri Apresiasi Kinerja Pj Bupati Jepara yang Bisa Tingkatkan Beberapa Sektor

“Beberapa pekan lalu presiden mengarahkan agar city branding Jepara sebagai Kota Ukir diperkuat melalui pameran furnitur dengan skala internasional. Ternyata, para pelaku ini (industri kayu) di Jepara sebenarnya sudah siap sejak tiga tahun lalu,” katanya.

Dalam pameran ini, Edy meminta seluruh pihak untuk ikut berkontribusi mensosialisasikan serta melakukan promosi secara intens kepada masyarakat, terlebih kepada negara-negara tetangga.

Untuk memfasilitasi acara, Edy juga sudah menyiapkan Pendopo Kalinyamat atau rumah dinas wakil bupati sebagai pusat informasi pameran. Pendopo tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai arena untuk memamerkan sampel-sampel produk furniture dan kriya.

Baca juga: Pameran Mebel Terakbar, Jepara International Buyer Weeks Akan Digelar Maret Ini

“Silakan gunakan Pendopo Alit untuk head office (kantor) sekaligus ruang galeri pameran, ekspresikan sebebasnya,” tambahnya.

Tidak hanya itu, Edy juga meminta sektor pariwisita ikut berbenah menyiapkan tempatnya untuk menyuskseskan serta menyambut para pengunjung pada acara JIF-BW.

“Sektor pariwisata khususnya hotel juga diharapkan mulai bersiap menyukseskan dan menyambut pengunjung yang nantinya datang,” tukas Edy.

Editor: Ahmad Muhlisin  

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER