31 C
Kudus
Rabu, Juli 24, 2024

Bingung Liburan ke Mana? Wisata Petik Jambu Kristal di Demak Ini Bisa Jadi Pilihan Menarik Lho

BETANEWS.ID, DEMAK – Desa Jerukgulung, Kecamatan Dempet, Kabupaten Demak, selain terkenal dengan pertanian padinya juga menjadi sentra buah-buahan khas Demak. Salah satu yang sedang hits di kalangan warga adalah wisata petik buah jambu kristal di perkebunan milik Suyadi.

Di lahan seluas 6-7 hektare itu, para pengunjung bisa puas memetik dan menikmati jambu dari ribuan pohon yang ditanam. Menurut Suyadi, untuk menikmati agrowisata petik jambu kristal itu pengunjung hanya membayar buah yang diambil. Sedangkan jambu kristal ia jual mulai harga Rp20-25 ribu per kilogram.

Seorang ewarga sedang memetik buah jambu kristal di Argowisata milik Suyadi. Foto: Sekarwati

“Sementara ini belum ada uang masuk, jadi masih terbuka lebar untuk tamu-tamu. Pengujung bisa memilih sepuasnya makan di tempat atau bungkus juga bisa,” katanya pada betanews.id, Jumat (3/2/2023).

-Advertisement-

Baca juga: Waterboom Tiara Park, Wisata Air di Jepara yang Punya Banyak Wahana Seru

“Jambu kristal kami punya kualitas grade A beratnya bisa 4-5 ons ukuran buah bisa sampai 7-8 centimeter, dan grade B beratnya 2,5-3 ons,” tambahnya.

Di agrowisata miliknya itu, Suyadi menyediakan empat jenis buah kristal yaitu kristal madu, kristal putih, kristal merah, dan kristal swimik pala. Dengan adanya berbagai jenis itu, pihaknya juga memberikan edukasi pembibitan bagi pengunjung.

“Kita juga memberikan pelatihan penanaman nantinya untuk pengujung yang ingin belajar bagaimana cara merawat tumbuhan jambu kristal,” terangnya.

Baca juga: Potret Pesona Lenk Dopang, Tempat Ngopi Asyik Sembari Wisata Kuliner di Aliran Sungai

Dengan beragam fasilitas tersebut, tak ayal jika wisata petik buah itu ramai dikunjungi warga dari berbagai daerah, seperti Purwodadi hingga Jakarta.

Salah satu pengujung, Tiana, mengetahui wisata petik buah itu dari sosial media. Karena penasaran, warga Semarang itu kemudian mengajak keluarganya untuk menikmati wisata Agrowisata Desa Jerukgulung.

“Saya tahu lewat Facebook. Di sini asri dan alami. Rasa buah jambu kristalnya juga enak, seger, bikin nagih,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER