31 C
Kudus
Kamis, Februari 22, 2024

Undaan Lor Waspada, Air Sungai Wulan Hampir Melimpas di Empat Titik Tanggul Ini

BETANEWS.ID, KUDUS – Sungai Wulan yang melintasi beberapa desa di Kudus, tak terkecuali di Desa Undaan Lor, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, airnya terlihat hampir penuh setara dengan tanggul. Hal tersebut membuat warga was-was dengan kondisi air yang mau melimpas ke pemukiman warga.

Banyak warga yang terlibat dalam penanganan tanggul untuk mengantisipasi limpasan air. Pada Senin (9/1/2023) warga Desa Undaan Lor yang dibantu seluruh elemen masyarakat, relawan, dan warga desa lain juga ikut bahu membahu untuk peninggian tanggul.

Kondisi air di Sungai Wulan yang hampir melimpas. Foto: Kaerul Umam.

Baca juga: Sidak Talut Sungai Wulan yang Retak, Bupati Kudus Minta Segera Diperbaiki

Kepala Desa Undaan Lor Nurul Qomar mengatakan, ada empat titik tanggul rawan di wilayah desanya yang airnya hampir melimpas dari tanggul. Titik rawan tersebut meliputi di Gang 2 turut Gang 3, Gang 4 turut Gang 5, Gang 7, dan Gang 17 turut Gang 18.

“Untuk penanganan titik rawan, tanggul yang ditambal dengan karung berisi pasir (sandbag) itu bervariasi, panjangnya antara 15 meter hingga 100 meter, tergantung titik rawannya,” tuturnya saat ditemui di ruangannya, Selasa (10/9/2023).

Ia menjelaskan, meski debit air dari hulu sudah menunjukkan penurunan, namun pada Selasa (10/1/2023) pukul 9.00 WIB, di Sungai Wulan atau di titik wilayah desanya ada penambahan air sekitar 2 sentimeter. Meski begitu, ia sadar kalau penurunan debit dari hulu itu tidak langsung berefek di Sungai Wulan.

“Karena penurunan debit air dari hulu itu memang tidak langsung membuat Sungai Wulan surut lantaran ada prosesnya. Kemungkinan nanti sore atau nanti malam air di Sungai Wulan ini akan berkurang,” terangnya.

Salah satu warga, Anik Rofi’ani mengatakan, ia tak begitu khawatir dengan kondisi tanggul yang airnya hampir meluber. Menurutnya, hal tersebut sudah pernah dialami oleh warga sekitar.

Baca juga: Banjir di Tanjungkarang Akibatkan Lalu Lintas di Jalan Kudus- Purwodadi Macet Hingga 1,5 Kilometer

“Kalau saya tidak begitu khawatir, tetap waspada, tapi tidak terlalu berlebihan. Semoga saja untuk airnya akan cepat surut dan tidak terjadi hal yang tak diinginkan,” jelasnya.

Warga lain Muhammad Raka Asadi mengaku panik lantaran tidak hanya warga Desa Undaan Lor saja yang akan menerima imbasnya, bahkan wilayah satu Kecamatan Undaan akan terendam banjir jika tanggul tersebut jebol.

Editor: Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER