31 C
Kudus
Sabtu, Februari 4, 2023
BerandaSOLOParade Barongsai Akan...

Parade Barongsai Akan Meriahkan Perayaan Imlek di Solo, Ini Rutenya

BETANEWS.ID, SOLO – Kota Solo merupakan salah satu kota yang cukup meriah saat merayakan Tahun Baru China atau Imlek. Selain pesta kembang api selama 30 menit pada Minggu (22/1/2022), Panitia Perayaan Imlek Bersama juga akan menggelar parade barongsai di beberapa titik saat perayaan Cap Go Meh, Sabtu (4/2/2023).

Penanggung Jawab Pertunjukan Barongsai Aji Chandra menerangkan, dari beberapa grup barongsai yang ada di Solo, hanya tiga yang dapat tampil dan memeriahkan Cap Go Meh. Ketiganya adalah Tripusaka, Macan Putih dari Kelurahan Sudiroprajan, dan Budi Dharma.

“Rutenya, Tri Pusaka mulai dari Kelenteng Coyudan kemudian berjalan kaki masuk ke Kalilarangan, Pasar Klewer, sepanjang Coyudan, kemudian sampai jam 11.00 istirahat sejenak di daerah Singosaren. Kemudian jalan kaki menuju Jalan Slamet Riyadui dan balik ke Keratonan kemudian lewat Notosuman dan finish di Oriental Elektronik,” paparnya saat jumpa pers di gedung PMS Solo, Selasa (10/1/2023).

Baca juga: Catat! Malam Tahun Baru Imlek di Solo Akan Dimeriahkan Pesta Kembang Api Selama 30 Menit

Kemudian untuk Kelompok barongsai Macan Putih akan berjalan mulai dari Kelenteng Tien Kok Tsie di Pasar Gede Solo menuju Jalan Suryopranoto sampai ke kawasan Kelurahan Kepatihan. Lalu berjalan ke timur ke Jalan Urip Sumoharjo dilanjutkan ke Jalan R.E. Martadinata menuju Jalan Ir. Juanda dan berhenti di salah satu toko elektronik di kawasan Gemblegan.

“Budi Dharma yang juga dari Sudiroprajan kumpul di bekas pom bensin Ledhoksari, lalu lewat Jalan Urip Sumoharjo, sampai ke perempatam belok kanan sampai Pasar Legi,” paparnya.

Selain pada parade tersebut, masih ada pertunjukan barongsai yang akan digelar. Yakni pada 20 Januari akan digelar pertunjukan barongsai di Plasa Balai Kota Solo.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
100,000PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler