31 C
Kudus
Minggu, April 14, 2024

Catat! Malam Tahun Baru Imlek di Solo Akan Dimeriahkan Pesta Kembang Api Selama 30 Menit

BETANEWS.ID, SOLO – Malam pergantian tahun baru China atau Imlek di Kota Solo pada 22 Januari 2023 dipastikan akan berlangsung meriah. Salah satu yang paling ditunggu adalah pesta kembang api selama 30 menit.

Ketua Panitia Bersama Imlek Solo, Sumartono Hadinoto menerangkan, persta kembang api tersebut diperbolehkan usia mendapat izin dari Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Lampion sudah terpasang di Jalan Jenderal Sudirman Solo untuk menyambut Imlek. Foto: Khalim mahfur

Sumartono mengatakan, pesta kembang api akan dimulai tepat pada pergantian tahun tahun 2573 ke tahun 2574, atau Minggu (22/1/2022) tepat pukul 00.00 WIB. Pesta kembang api nantinya akan dipusatkan di Plasa Balai Kota Solo.

Baca juga: Sambut Imlek, 5.000 Lampion Sudah Terpasang di Kawasan Pasar Gede hingga Balai Kota Solo

“Pesta kembang apinya tanggal 21 Januari 2023, hari Sabtu. Di mana sebelumnya tanggal 20 ada atraksi liong barongsai dari berbagai perkumpulan liong barongsai yang ada di Solo yang  digelar di Plaza Balai Kota,” ujarnya saat jumpa pers di gedung PMS Solo, Selasa (10/1/2023).

Sumartono menerangkan, perayaan Imlek kali ini tetap mengangkat tema yang sama dengan perayaan tahun-tahun sebelumnya. Adapun perayaan Imlek di Solo biasanya selalu bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat tanpa adanya batasan suku, ras, etnis, agama, ataupun golongan tertentu.

“Kami hanya pengen melestarikan budaya ini agar terjadi kolaborasi, sehingga memperkaya budaya Nusantara dan anak cucu kita ke depan tahu apa budaya Imlek itu, yang di sisi lain sudah jadi milik bangsa Indonesia,” tuturnya.

Pada perayaan Imlek kali ini, pihaknya juga menggelar bakti sosial dengan cara donor darah yang akan diselenggarakan di Palang Merah Indonesia (PMI) Surakarta pada 14 Januari 2023, pukul 8.00-13.00 WIB dengan target 200 pendonor.

Baca juga: Tak Hanya di Jalan Slamet Riyadi, Mulai Besok CFD Solo Akan Diperluas ke Jalan Juanda

“Karena kalau donornya datang ke PMI, kita bisa langsung proses menjadi komponen. Nanti akan kita beri gift imlek dan bisa berswafoto di photo booth, kemudian bisa menuliskan namanya dengan menggunakan huruf Mandarin,” ujarnya.

Yang lebih spesialnya lagi, perayaan tahun baru Imlek kali ini juga akan digelar Grebeg Sudiro yang merupakan kolaborasi antara Panitia Bersama Perayaan Imlek dengan pemuda karang taruna Kelurahan Sudiroprajan. Grebeg tersebut telah vakum selama dua tahun lantaran pandmei Covid-19.

“Kita juga selalu berkolaborai dengan acara Grebeg Sudiro. Nanti juga akan ada pertunjukan barongsai yang akan membuat perayaan semakin meriah,” katanya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER