31 C
Kudus
Sabtu, Februari 4, 2023
BerandaSOLOPolisi Akan Tindak...

Polisi Akan Tindak Tegas Jika Dapati Warga yang Bandel Bunyikan Petasan pada Malam Tahun Baru

BETANEWS.ID, SOLO – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng) mengimbau masyarakat untuk tidak menyalakan petasan saat merayakan malam tahun baru 2023. Sebab, petasan dinilai dapat membahayakan keselamatan masyarakat.

Menindaklanjuti perintah tersebut, Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi mengatakan, bahwa pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Pihaknya juga akan menggelar razia terhadap toko-toko penjual kembang api.

“Kita melarang pengunaan mercon. Itu sudah diatur dalam UU Bunga Api, kemudian di Perkap Nomor 17 Tahun 2017 tentang Perizinan, Pengamanan, Pengawasan dan Pengendalian Bahan Peledak Komersial,” katanya saat dikonfirmasi, Selasa (27/12/2022).

Baca juga: Perayaan Malam Tahun Baru di Solo Akan Ada Car Free Night hingga Panggung Hiburan

Jika masih ada masyatakat yang nekat melanggar hal tersebut, Iwan menyebut, bahwa pihaknya tidak segan akan mengambil jalur hukum. Terlebih jika ada korban akibat ledaka petasan itu.

Kendati demikian, Iwan menyebut, bahwa sesuai arahan dari Polda Jateng, bahwa masyarakat tetap boleh merayakan malam Tahun Baru 2023 dengan menggunakan kembang api.

“Ketentuannya itu ukurannya mulai dari 2 inchi, kemudian di dalamnya serbuknya itu 20 gram. Kemudian yang ditujukan untuk pertunjukan itu mulai dari 2 inci sampai 8 inci itu pun harus sudah mendapatkan izin dari kepolisian,” jelasnya.

Namun, dijelaskan Iwan, bahwa penggunaan kembang api tidak boleh dilakukan di beberapa tempat, seperti tempat peribadatan, pemukiman, rumah sakit sekolah, bandara, terminal, tempat perbelanjaan, dan tempat umum lainnya. Jika masyakarat ingin menyalakan kembang api dalam skala besar, maka sebelumnya harus membuat surat izin kepada pihak kepolisian.

“Langsung datang ke Intel dan buat surat izin. Ini ditetapkan oleh kepolisian,” imbuh iwan.

Baca juga: Ganjar Larang Bunyikan Petasan di Malam Tahun Baru Jika Kondisinya Seperti Ini

Terkait inspeksi mendadak (sidak) kepada toko-toko yang menjual petasan, pihaknya saat ini akan menyusun jadwal terlebih dahulu.

“Intinya kita sosialisasi kemasyarakat, jika sudah menyeluruh nanti kita akan tinggal pelaksanaannya pengawasan oleh Reskrim. tentunya lapak-lapak yang mungkin menyediakan kembang api ataupun petasan betul murni tidak diizinkan akan kita sita,” paparnya.

Editor: Kholistiono

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
100,000PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler