31 C
Kudus
Sabtu, Februari 4, 2023
BerandaKISAHMeski Punya Privilege,...

Meski Punya Privilege, Any Tak Ingin Ikuti Jejak Orang Tua saat Kembangkan Bisnis Roti Anie Bakery

BETANEWS.ID, KUDUS – Any Herawaty (45) terlihat cukup sibuk melayani pembeli di Toko Anie Bakery, Jalan Kenari Nomor 43, Kelurahan Wergu Kulon, Kecamatan/Kabupaten Kudus. Kadang, ia terlihat membungkus beberapa macam roti dalam satu wadah, lain waktu juga terlihat sedang melayani pembayaran.

Di tengah aktivitasnya itu, Any dengan senang hati membagikan pengalaman awal mula dirinya merintis usaha kue. Ia mengatakan, niatan membuat toko roti sudah ada sejak lama. Orang tua Any yang memiliki usaha roti, juga mendukungnya untuk mengembangkan bakat dan kuliah jurusan baking di Australia.

Beberapa motor tampak terparkir di depan Toko Anie Bakery. Foto: Sekarwati

“Saya itu lulusan baking. Awalnya saya ambil jurusan hospitality perhotelan di Australia, belajar manajemen. Setelah belajar ternyata saya lebih suka di baking. Jadi setelah hospitality saya ambil cooking selama dua semester,” katanya saat ditemui, Rabu (30/11/2022).

Baca juga: Trend Kue Berbentuk Jelek Bikin Toko Anie Bakery Kebanjiran Pesanan

Meskipun orang tuanya telah memiliki usaha roti tidak membuat Any meneruskannya begitu saja. Ia rupanya ingin mendirikan toko roti dengan gayanya sendiri dengan mengikuti trend perkulineran.

“Sebenarnya Anie Bakery ini bukan dari orang tua saya. Jadi saya mengembangkan sendiri. Ketika itu orang tua tahu saya suka roti, jadi saya difasilitasi. Kebetulan saya hobi dan pertama kali belajar membuat kue tar di Semarang dan kuliah untuk mendalami itu,” imbuhnya.

Any menerangkan, Anie Bakery itu memiliki ciri khas yang lain dengan toko roti biasanya. Ia memiliki prinsip membuat roti dengan pengolahan modern menggunakan mesin, sehingga menciptakan roti dengan jumlah banyak dengan harga terjangkau.

“Ciri khasnya kita itu rotinya gede, harganya terjangkau. Best seller kami roti gulung untuk kateringan, hajatan. Kita selalu punya stok yang banyak. Jadi orang butuh banyak biasanya ke kita,” terangnya.

Baca juga: Kisah Jatuh Bangun Yopi Pertahankan Usaha Mi Level D’chubite, Pernah Tutup Sampai 2 Tahun

Berkat dukungan dari orang tua, keluarga, dan karyawannya, Any merasa bersyukur dengan pencapaian toko roti miliknya yang sudah ber-halal MUI itu. Bahkan tidak hanya memiliki toko roti di Kudus, tapi telah mempunyai cabang di Jalan Sultan Fatah Demak.

“Proses perjuangan tentunya dibantu oleh suami, keluarga, orang tua, karyawan bahkan ada yang bekerja sudah 15 tahun jadi kita berjuang sama-sama,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
100,000PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler