31 C
Kudus
Selasa, Juni 25, 2024

Menengok Koleksi dan Sejarah Museum RA Kartini di Jepara

BETANEAS.ID, JEPARA – Benda-benda peninggalan Raden Ajeng Kartini tersusun rapi di etalase Museum RA Kartini Jepara. Beberapa pengunjung yang merupakan anak sekolah tampak melihat-lihat dengan seksama peninggalan tersebut. Museum itu terletak di Jalan Kartini, Kelurahan Panggang, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara.

Petugas Museum RA Kartini Jepara Abdul Latif menjelaskan, Museum RA Kartini ini dibangun pada masa Bupati Soemarno Djojomardowo pada 30 Maret 1975. Museum kemudian diresmikan oleh Bupati Soedikto pada 21 April 1977.

Pengunjung sedang melihat-lihat koleksi di Museum Kartini Jepara. Foto: Erna Safitri.

Baca juga: Pemkab Jepara Ajukan Seni Ukir Macan Kurung dan 3 Karya Budaya Lain Jadi WBTB Nasional

-Advertisement-

Museum dibangun di atas lahan seluas seluas 5.210 meter persegi dengan luas bangunan 890 meter persegi. Museum ini didirikan atas usulan wakil rakyat dan bantuan Presiden Soeharto. Pendirian museum ini tidak lain adalah untuk mengenang jasa dan pejuang RA Kartini, utamanya untuk kemerdekaan hak-hak perempuan.

“Koleksi di museum ini sebagian besar adalah berisi peninggalan RA Kartini semasa hidupnya, peninggalan dan karya sang kakaknya RMP Sosrokartono. Kemudian, temuan benda kuno di Kabupaten Jepara dan tambahan lagi galeri pamer atau kerajinan Jepara,” jelasnya, Jumat (16/12/2022).

Lanjut Latif, benda-benda peninggalan tersebut terbagi dalam empat ruangan. Yang awalnya hanya tiga ruangan yaitu ruang K, T dan N yang merupakan singkatan dari nama Kartini. Kemudian bertambah satu ruangan yakni Galeri Pamer.

Pertama, Ruang Kartini yang berisi peninggalan semasa hidup RA Kartini. Di antaranya, lukisan RA Kartini, mesin jahit, meja belajar, alat batik, surat-surat, mainan dakon, mangkuk, piring hingga foto-foto RA Kartini.

Kedua, Ruang Jepara Kuno. Dinamakan demikian, karena berisi benda-benda kuno dan purbakala yang ditemukan di wilayah Kabupaten Jepara. Salah satunya, terdapat fisik ikan raksasa bernama Ikan Joko Tuo jenis paus gajah. Yakni jenis paus yang memiliki belalai dan ditemukan di perairan Kepulauan Karimun Jawa.

Baca juga: Sejarah Awal Mula Jepara Mendapat Sebutan Kota Ukir (1/6)

Ketiga, Ruang Daroesalam/kedamaian yang berisi peninggalan RMP Sosrokartono, yaitu adanya ruang meditasi, ruang kedamaian, foto keluarga RA Kartini dan kaligrafi. Ruang terakhir, Galeri Pamer yang berisi koleksi kerajinan milik Jepara. Ada kain troso hingga ukir Macam Kurung Jepara.

“Ada yang replika itu meja belajar, mainan dakon ataupun tempat obat. Tetapi yang di ruang kedua itu asli peninggalan sejak dulu atau kuno. Dan ruangan ketiga semuanya masih asli dari kakaknya Kartini,” tandasnya.

Editor: Kholistiono

Erna Safitri
Erna Safitri
Erna Safitri adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di IAIN Kudus Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER