31 C
Kudus
Kamis, Desember 1, 2022
BerandaKUDUSJEPARAPemkab Jepara Ajukan...

Pemkab Jepara Ajukan Seni Ukir Macan Kurung dan 3 Karya Budaya Lain Jadi WBTB Nasional

BETANEWS.ID, JEPARA – Empat karya budaya Kabupaten Jepara akan diusulkan untuk ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) nasional pada 2023. Keempat karya budaya itu adalah seni ukiran macan kurung, seni pertunjukan emprak, kentrung Jepara, serta makanan tradisional horog-horog.

Kabid Kebudayaan pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Ida Lestari menjelaskan, di samping melegenda, karya seni ukir tiga dimensi macan kurung dihasilkan dengan teknik khusus, karena langsung dari segelondong kayu utuh. Pengerjaannya tidak disambung maupun ditempel menggunakan lem. Kreativitas ini masih dimiliki oleh beberapa pengrajin belakang gunung di Desa Mulyoharjo, Kecamatan Jepara.

“Jadi bukan bendanya, tapi teknik. Mengukir macan di dalam kurungan itu tidak semua orang bisa, harus benar-benar maestro,” tutur Ida di Museum R.A. Kartini Jepara, Rabu (5/10/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Jenang, Barongan, dan Buka Luwur Sunan Kudus Ditetapkan Jadi Warisan Budaya Tak Benda Nasional

Sudah adanya ikon tengara seperti monumen ataupun tugu di daerah pengusul, juga menjadi poin tersendiri karya budaya tersebut dapat menyandang predikat WBTB. Sedangkan horog-horog, diusulkan karena memiliki kekhasan tersendiri. Makanan itu pun hanya bisa ditemukan di Jepara.

“WBTB itu identik dengan khasnya yang di daerah pengusul,” kata dia.

Jika tahun depan keempat karya budaya ini disetujui oleh tim ahli di pusat sebagai WBTB, maka akan melengkapi warisan budaya yang telah ditetapkan sebelumnya. Diawali pada tahun 2015 untuk penetapan seni ukir Jepara. Berikutnya di tahun 2020 ada tiga sekaligus, yakni tradisi lomban kupatan dengan larung kepala kerbau, Perang obor Tegalsambi, dan Jembul Tulakan.

Baca juga: Gamelan Ditetapkan UNESCO Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

Pamong Budaya Disparbud Jepara Lia Supardianik menambahkan, bahwa pada tahun ini Tenun Troso juga bakal ditetapkan menjadi WBTB. Sebab sudah ada rekomendasi dari tim ahli.

“Kemarin dari tim ahli memberikan rekomendasi untuk bisa ditetapkan sebagai WBTB Indonesia tahun 2022,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler