31 C
Kudus
Sabtu, Februari 4, 2023
BerandaKOMUNITASKomunitas Sahabat Mata...

Komunitas Sahabat Mata Gelar Turnamen Goal Ball

BETANEWS.ID, SEMARANG – Komunitas Sahabat Mata, menggelar turnamen Goal Ball bagi penyandang tuna netra. Turnamen tersebut diadakan di GOR Manunggal Jati mulai 15 sampai 17 Desember 2022.

Ketua panitia turnamen Goal Ball Andhi setiono (32) mengatakan, turnamen kali ini merupakan gelaran ke 7 kali, setelah 9 tahun didirikan.

“Kita sudah berjalan selama 9 tahun. Sempat vakum satu tahun karena pandemi, tapi tahun 2021 kita sudah mulai buka turnamen lagi tapi tingkat Jateng dan DIY saja. Nah karena sekarang pandemi sudah menurun, kegiatan masyarakat sudah mulai bebas, kita mengadakan lagi dengan tingkat nasional lagi,” tambahnya.

Dua tim saat akan bertanding dalam turnamen goal ball. Foto: Kartika Wulandari.

Baca juga: 581 Atlet Disabilitas Ikuti Kejurprov NPCI Jateng di Solo

Mengenai olahraga yang dilombakan, Andi menjelaskan, Gol Ball atau sering disebut bola gawang, dimainkan oleh dua tim atau perorangan yang saling berhadapan. Cara bermainnya adalah dengan menggelindingkan bola ke arah gawang lawan. Lawan akan berjaga di area depan gawang untuk menghindari bola masuk yang akan menambah poin pemberi umpan.

Dalam aturan tersebut, pemain diharuskan menggunakan penutup mata, sehingga mereka akan fokus dengan suara bola saja. Kemudian saat tanding, setiap tim menyiapkan 5 pemain, 3 pemain pertama untuk di lapangan dan 2 pemain pengganti.

“Tuna netra kan banyak macamnya, jadi biar adil semua peserta harus mengenakan penutup mata jadi hanya fokus suara saja, karena bolanya juga khusus, bolanya ada isinya jadi ada suaranya,” jelasnya.

Andi menambahkan, lapangan Gol Ball ini mempunyai lebar 9 meter dan panjang 18 meter yang dibagi menjadi garis tengah dan garis gawang. Masing masing garis itu nanti dibagi menjadi 3 meter untuk garis serang dan garis bertahan.

“Lebarnya 9 meter, panjang 18 meter, nah nanti dibagi menjadi garis tengah dari garis gawang. Masing-masing garis tengah nanti dibagi jadi 3 meter. 3 meter pertama, kedua dan ketiga. 3 meter pertama itu garis serang, garis bertahan, ada semuanya dan masing masing garis ada aturanya. Ketika dia melewati garis 6 meter, itu namanya hek bol, jadi bola tidak boleh melambung ke garis 6 meter, dan itu melanggar, nanti konsekuensinya kena pinalti,” jelasnya.

“Pertandingan Sahabat Mata Cup-7 ini ada 34 tim, antaranya ada dari Palembang, Tangerang, Banten, Jawa timur, Lamongan, Jawa tengah dan DIY sebagian besar,” ujarnya.

Adapun tujuan digelarnya turnamen ini, yakni untukmemunculkan bibit-bibit olahragawan khususnya disabilitas tuna netra.

“Adanya perlombaan ini misinya ingin membantu negara untuk memunculkan bibit olahragawan teman teman disabilitas, khususnya tuna netra. Dan selama 7 tahun kita menggelar turnamen, kita sudah pernah menyumbangkan pemain untuk ikut APG cabor Gol Ball,” katanya.

Baca juga: 1.724 Atlet Penyandang Disabilitas Ikuti Ajang Pesonas 2022

“Jadi tentunya kegiatan ini juga bisa membantu teman-teman untuk menggali potensi mereka di bidang olahraga agar mereka juga mempunyai prestasi,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu pemain asal Temanggung Kudfi Nurfendi (24) mengaku ia sudah mengikuti turnamen ini sebanyak dua kali.

Ia pun mengaku untuk menyiapkan turnamen ini ia sudah berlatih selama 3 bulan, dengan latihan seminggu dua kai setiap hari Selasa dan Rabu.

“Persiapan lomba kurang lebih 3 bulan, saya digembleng seminggu dua kali, latihan setiap hari Selasa dan Jumat, latihanya siang saat matahari sedang panas panasanya agar fisiknya kuat,” ujarnya.

Editor: Kholistiono

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
100,000PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler