31 C
Kudus
Sabtu, Februari 4, 2023
BerandaSEMARANG4 Sekolah di...

4 Sekolah di Jalan Kokrosono Semarang Belum Terakses BRT dan Feeder

BETANEWS.ID, SEMARANG – Di kawasan Jalan Kokrosono, Kecamatan Semarang Utara, terdapat empat sekolah yang belum terakses BRT Semarang maupun Feeder. Empat sekolah itu adalah SMKN 10 Semarang, SMAN 14 Semarang, SMPN 25 Semarang, dan SMK Pelayaran Wira Samudera.

Pengamat transportasi umum sekaligus Ketua Komunitas Peduli Transportasi Semarang (KPTS) Theresia Tarigan mengaku sangat prihatin dengan belum meratanya rute transportasi umum ke seluruh satuan pendidikan.

Pihaknya menerangkan, kondisi tersebut sudah sering dikeluhkan oleh guru dan siswa, karena mereka terpaksa berjalan kaki dari Jalan Jenderal Soedirman untuk menuju ke sekolah masing-masing.

Baca juga: Bepergian Bareng Trans Jateng Kini Makin Mudah dengan Pembayaran Cashless

“Dari empat sekolah itu, sudah ada sekolah yang mengajukan permohonan untuk disediakan feeder, tapi tidak diberikan. Begitu pun saat mengajukan layanan angkutan umum, juga tidak bisa,” katanya.

Makanya, ia meminta Pemkot Semarang, khususnya BLU UPTD Trans Semarang, agar segera berbenah. Khususnya dalam memberikan layanan dan akses transportasi untuk anak sekolah.

“Segmen penumpang masih belum jelas. Kami minta segera dibenahi agar efektif untuk mengklaim sebagai kota ramah anak dan inklusi,” sambung Theresia.

Baca juga: Wujudkan Penghijauan di Tengah Kota, SMPN 39 Kota Semarang Terapkan Urban Farming

Rute untuk kawasan sekolah menurutnya sangat penting, agar siswa tidak naik kendaraan pribadi yang penuh risiko.

“Yang paling penting itu harus fokus ke anak sekolah. Kalau pakai motor sendiri bisa memberi dampak buruk pada anak-anak, kena polusi dan ada risiko kecelakaan,” tuntasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
100,000PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler