31 C
Kudus
Jumat, Maret 29, 2024

Wujudkan Senyum Anak Sempurna, RSU Kumala Siwi Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

BETANEWS.ID, KUDUS – Rumah Sakit Umum (RSU) Kumala Siwi bekerja sama dengan Yayasan Senyum Kemanusiaan dan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus menggelar operasi bibir sumbing dan celah langit-langit. Bakti sosial berupa operasi bibir sumbing dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-58 itu, dilaksanakan di RSU Kumalasiwi, Desa Mijen, Kecamatan Kaliwungu, Kudus.

Irwansyah yang mewakili Direktur RS Kumalasiwi mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian sosial dari RSU Kumala Siwi Mijen kepada masyarakat, khususnya di wilayah Kudus dan sekitarnya. Harapannya, kegiatan itu dapat rutin dilakukan dan mempermudah akses pelayanan kesehatan bagi pasien bibir sumbing maupun celah langit-langit.

“Operasi bibir sumbing dan celah langit-langit ini gratis bagi masyarakat. Dengan tagline Operasi Bibir Sumbing dan Celah Langit-Langit Senyum Sempurna Anak Bangsa, kami berharap senyum anak bangsa terutama anak di Kudus bisa sempurna,” ujar Irwansyah kepada awak media, Jumat (4/11/2022) malam.

Warga yang ikut dalam kegiatan operasi bibir sumbing yang digelar RSU Kumala Siwi Kudus. Foto: Rabu Sipan.

Baca juga: RS Kumala Siwi Kudus Bantu Perbaiki Jalan di Mijen

Pria yang juga anggota DPRD Kudus itu mengungkapkan, bakti sosial operasi bibir sumbing dan celah langit-langit diikuti enam orang dengan usia termuda empat tahun dan yang tertua 19 tahun. Setelah melalui tahap skrining, kemudian akan dilakukan operasi bibir sumbing dan langit-langit pada hari ini, Sabtu (5/11/2022).

Irwansyah juga mengucapkan, terima kasih kepada Yayasan Senyum Kemanusiaan dan berharap kerja sama ini bisa terus berlanjut. Sehingga upaya agar anak bangsa khususnya anak-anak di Kabupaten Kudus dan sekitarnya mempunyai senyum yang sempurna bisa terlaksana.

“Oleh karenanya, bagi warga Kudus dan sekitarnya yang ingin melakukan operasi bibir sumbing atau celah langit-langit bisa datang ke RS Kumalasiwi, nanti kami fasilitasi dan atur jadwal untuk dilakukan operasi gratis,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Senyum Kemanusiaan Rizqy Setyarto menuturkan, yayasan yang dipimpinnya adalah salah satu mitra dari Yayasan Smile Train Indonesia yang sejak 2009 konsen terhadap layanan operasi bibir sumbing dan langitan di Indonesia.

“Jadi Yayasan Senyum Kemanusiaan melakukan bakti sosial itu di seluruh Indonesia, tidak hanya di Kudus saja. Hingga saat ini kami sudah melakukan operasi bibir sumbing, gusi dan celah langit-langit kepada 1.200 orang,” ujarnya.

Dia mengatakan, untuk di Kabupaten Kudus pihaknya baru bekerja sama dengan RSU Kumala Siwi. Ia pun berharap, kerja sama bisa terus berlanjut agar masyarakat Kudus yang butuh operasi bibir sumbing, gusi atau celah langit-langit tak perlu jauh-jauh ke Semarang.

Baca juga: Daftar Rumah Sakit dan Puskesmas di Kudus yang Melayani Pengobatan Pasien TBC Gratis

“Harapannya kerja sama ini bisa terus berlanjut. Agar warga Kudus dan sekitarnya yang ingin operasi bibir sumbing tak perlu ke Semarang, tapi cukup datang ke RSU Kumala Siwi,” ungkapnya.

Nawawi, salah satu orang tua dari anak yang akan dioperasi bibir sumbing mengaku senang dengan adanya program bakti sosial operasi bibir sumbing dan celah langit-langit gratis dari RSU Kumala Siwi. Menurutnya, program ini sangat membantu supaya anak balitanya bisa mendapatkan operasi bibir sumbing secara gratis.

“Senang sekali, dengan program ini, bibir sumbing anak kami bisa dioperasi. Semoga setelah dioperasi bibir anak kami bisa normal kembali,” ujar warga Dukuh Pondok Desa Bae, Kecamatan Bae, Kudus tersebut.

Editor: Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
133,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER