31 C
Kudus
Selasa, November 29, 2022
BerandaKUDUSTahun Depan Kemenag...

Tahun Depan Kemenag Kudus Miliki Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah

BETANEWS.ID, KUDUS – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kudus bakal memiliki gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT). Gedung tersebut, bakal dibangun mulai tahun depan.

Hal itu diungkap oleh Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kudus Asrul Fatkhi. Dia mengungkapkan, pelaksanaan pembangunan PLHUT akan dimulai pada 1 Maret 2023 dan diperkirakan selesai pada September 2023.

“Bulan Januari 2023 proses tender dimulai. Setelah itu pengerjaanya dimulai Maret dan target selesai September 2023,” ujar pria yang akrab disapa Asrul kepada Betanews.id, ketika ditemui di kantornya.

- Ads Banner -

Baca juga: Ratusan Jemaah Calon Haji Kudus Batalkan Keberangkatan, Ada Apa?

Asrul mengatakan, gedung PLHUT nantinya akan berdiri di atas lahan seluas 600 meter persegi. Sementara dengan ukuran gedung 10 X 20 meter dan dibangun dua lantai.

“Anggaran pembangunan kurang lebih Rp 3 miliar yang bersumber dari APBN. Sementara untuk tanahnya itu hibah dari Pemerintah Kabupaten Kudus,” bebernya.

Dia mengatakan, gedung PLHUT nantinya terpisah dari Kantor Kemenag Kudus, namun masih di satu komplek perkantoran Mejobo. Sehingga, jaraknya tidak jauh dari Kantor Kemenag lama.

“Lokasinya di sebelah timur Kantor Kemenag Kudus. Masih satu komplek perkantoran Mejobo,” jelasnya.

Peruntukan gedung PLHUT itu, nantinya untuk pelayanan haji dan umrah. Di antaranya, pendaftaran haji, pembatalan haji, pelimpahan porsi haji, dan lain sebagainya.

Menurutnya, pembangunan gedung PLHUT itu memang diperlukan. Sebab, kantor pelayanan haji dan umrah yang ada di Kantor Kemenag Kudus saat ini kurang nyaman dan representatif. Selain itu, tempat parkirnya juga terbatas.

Baca juga: Antrean Haji di Kudus Capai 36.751 Orang, Daftar Tahun Ini Berangkatnya 2050

“Di gedung baru nanti parkirnya luas. Serta dilengkapi playgound ramah anak dan ruang laktasi,” ungkapnya.

Dia menambahkan, sejauh ini beberapa daerah sudah memiliki gedung PLHUT. Di antaranya Kabupaten Pati, Jepara, Demak, Rembang, dan Blora.

“Di karesidenan yang belum ada gedung PLHUT di Kabupaten Grobogan. Kabupaten Kudus ketinggalan karena baru punya tanah hibah Pemkab Kudus,” pungkasnya.

Editor: Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler