31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaJATENGRevitalisasi Pasar Jadi...

Revitalisasi Pasar Jadi Salah Satu Cara Ganjar Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan

BETANEWS.ID, MAGELANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkomitmen terus membangun pasar rakyat atau pasar tradisional. Meski sampai saat ini sudah membangun dan memperbaiki 79 pasar, dirinya masih tak puas karena keberadaannya bisa mendorong peningkatan ekonomi kerakyatan. Menurutnya, pembangunan pasar akan berjalan karena usulan dari daerah selalu muncul.

“Namanya boleh pasar desa, tetapi penataannya makin modern. Kita harapkan demikian nantinya sehingga itu bisa mendorong perekonomian di level desa,” ujar Ganjar di Magelang, Minggu (6/11/2022).

Usulan pembangunan pasar juga selalu muncul di setiap Musrenbang. Namun, pelaksanaannya bertahap, khususnya untuk pembenahan fasilitas lainnya di level desa.

- Ads Banner -

Baca juga: Cek Pembangunan Pasar Bawang Sengon, Ganjar: ‘Tidak Boleh Ada Korupsi Ataupun Pungli’

“Jadi pasar-pasar apakah di desa atau level kabupaten/kota memang lebih baik itu pemerintah yang mendorong dan seterusnya kita akan melihat perkembangannya,” ujarnya.

Soal target, Ganjar tak menyebut angka detail. Mantan anggota DPR RI itu menjelaskan sebenarnya Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tak punya kewajiban membangun pasar. Sehingga bantuan yang diberikan juga menyesuaikan usulan pemerintah daerah.

“Kalau setiap kabupaten/kota sudah cukup dan mampu, kita serahkan kepada mereka. Tapi kalau nggak, barulah nanti kita turun. Jadi targetnya sesuai dengan usulan kabupaten/kota,” tandasnya.

Baca juga: Cek Program Tangani Stunting di Brebes, Ganjar: ‘Nggak Boleh Jadi Seremoni Ketika Pejabat Mau Datang’

Sebagai informasi, sejak menjabat Gubernur Jawa Tengah selama 2013-2022, Ganjar telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp360 miliar untuk membantu membangun atau renovasi 79 pasar. Beberapa pasar tersebut bahkan mendapat bantuan dua kali.

Tak cukup merevitalisasi pasar, Ganjar juga memberikan kredit murah yang bisa dimanfaatkan oleh pedagang pasar. Adalah Kredit Lapak yang diperutukkan kepada pedagang pasar dengan bunga dua persen. Plafon maksimal Kredit Lapak senilai Rp25 juta.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler