31 C
Kudus
Kamis, Desember 1, 2022
BerandaKUDUSPusat Daur Ulang...

Pusat Daur Ulang Sampah Organik Milik Pemkab Butuh Anggaran Rp 1 M Agar Bisa Beroperasi Maksimal

BETANEWS.ID, KUDUS – Pusat Daur Ulang (PDU) sampah organik milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus yang berada di sebelah selatan Pasar Baru belum bisa beroperasi secara maksimal. Sebab, sejak diujicobakan pada Agustus 2022, mesin pengolah sampah belum dapat anggaran untuk operasionalnya.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hijau (PKPLH) Kudus yakni Abdul Halil mengakui, bahwa PDU sampah organik tersebut memang belum beroperasi secara maksimal.

Baca juga: Kudus Kini Punya Pusat Daur Ulang Sampah Berkapasitas 10 Ton Sehari

- Ads Banner -

“Oleh karenanya, agar bisa beroperasi secara maskimal, tahun depan akan ada alokasi anggaran. Total anggaran yang dibutuhkan agar PDU sampah organik bisa beroperasi maksimal kurang lebih Rp 1 miliar,” ujar pria yang akrab disapa Halil kepada awak media, Kamis (24/11/2022).

Halil mengungkapkan, anggaran kurang lebih Rp 1 miliar nantinya digunakan untuk pembelian bahan bakar serta untuk honor para pekerja dan operator. Selain itu, anggaran sumber daya manusia (SDM) nya juga belum ada.

“Agar bisa beroperasi maksimal dibutuhkan tenaga antara 15 hingga 20 orang. Yang 10 tenaga kasar dan yang lima itu untuk adminnya,” bebernya.

Dia mengatakan, PDU sampah organik itu jika beroperasi maksimal, maka diperkirakan mampu mengolah sampah organik sebanyak 10 ton sehari. Dengan begitu, akan mengurangi volume sampah yang akan dibuang ke Tempat Pembuangan sampah Akhir (TPA).

Baca juga: Pemkab Kudus Kini Miliki Tempat Daur Ulang Sampah dengan Kapasitas 10 Ton Sehari

“Selain mengurangi volume sampah ke TPA. Sampah organik yang di PDU nantinya diolah jadi pupuk organik. Sehingga bisa dimanfaatkan lagi sebagai penyubur tanaman milik pemkab,” pungkasnya.

Sebagai informasi, tahun ini Pemkab Kudus mendapat bantuan Pusat Daur Ulang sampah organik dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang nilainya kurang lebih Rp 3,5 miliar.

Editor: Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler