31 C
Kudus
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaBISNISPiala Kayu Karya...

Piala Kayu Karya Warga Undaan Lor Ini Pemasarannya Sudah ke Seluruh Pulau di Indonesia

BETANEWS.ID, KUDUS – Rumah yang terletak di Desa Undaaan Lor Gang 5 RT 5 RW 1 Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus itu terlihat ramai dengan para pekerja yang sedang mengolah kayu. Ada yang sedang membuat pola, mengukir, dan melakukan sentuhan akhir di piala.

Usaha milik Slamet Sukamto (37) itu memang jadi jujugan pencari piala kayu yang unik nan menarik. Bahkan, menurut pria yang akrab disapa Sutup itu, pelangganya berasal dari berbagai pulau di Indonesia.

Sutup dan karyawannya menunjukkan piala kayu yang yang pelangganya dari berbagai wilayah di Indonesia. Foto: Sekarwati

“Biasanya dipesan untuk acara lomba piano, biola, dan musik. Sudah lama tahun mengerjakan piala kayu untuk Opus Nasional mulai tahun 2017. Paling banyak lomba piano itu untuk seluruh Indonesia bisa 500-600 piala,” katanya pada betanews.id, Rabu (23/11/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Piala dan Plakat di Toko Gemilang 99 Dikenal Termurah di Kudus

Untuk mencapai target pembuatan, Sutup mempekerjakan lima orang. Mereka akan membuat piala kayu berdesain bentuk notasi musik yang dikombinasikan dengan motif Kudusan.

“Jadi itu dibagi untuk membuatnya, kita ada 4-5 orang yang menggarap piala kayu. Biasanya butuh waktu berbulan-bulan,” terangnya.

Sutup menjelaskan, untuk membuat piala kayu mula-mula menggambar pola terlebih dahulu di atas kayu jati. Setelah itu, kayu dipotong sesuai ukuran dan dihaluskan kemudian diberi warna.

Baca juga: Rintis Bisnis Piala Secara Tak Sengaja, Mubaroq Malah Kini Sudah Punya Puluhan Reseller

“Kepala piala itu harus dihaluskan dengan mesin grinda dan yang bawah piala dengan mesin grinder. Setelah itu dicat dan amplas lagi,” jelasnya.

Piala kayu tersebut Sutup jual dengan harga Rp112 ribu per piala. Pembeli dapat memesannya langsung ke rumah, atau memesan melalui nomor WhatsApp 0856 4178 1808.

Editor: Ahmad Muhlisin

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler