31 C
Kudus
Sabtu, Februari 4, 2023
BerandaKUDUSPeyek Mbah Putri...

Peyek Mbah Putri yang Renyah dan Gurih Ini Laris Manis, Sekali Coba Nggak Bisa Berhenti

BETANEWS.ID, KUDUS – Seorang perempuan terlihat sedang menggoreng rempeyek di dapur rumah Desa Mlati Lor, Kecamatan/Kabupaten Kudus. Di wajan berukuran sedang itu, beberapa rempeyek terlihat mengapung menunggu matang. Setelah warnanya kecokelatan, rempeyek itu lalu diangkat dan ditiriskan di wadah yang telah disiapkan.

Sementara itu, di sisi lain dapur, terlihat perempuan berkerudung biru sedang sibuk mengemasi peyek ke dalam toples. Ia terlihat menimbang peyek sebelum ditutup dengan penutup toples. Perempuan itu adalah Karisma (27) owner Peyek Mbah Putri.

Risma menunjukkan Peyek Mbah Putri yang renyah dan gurih. Foto: Erna Safitri

Ditemui usai mengemas peyek, Risma begitu ia kerap disapa mengatakan, peyek buatanya itu laris diburu pembeli karena teksturnya renyah, empuk, dan rasanya gurih. Untuk mendapatkan keunggulan itu, Risma menggunakan santan kental yang fresh dari kelapa tua, yang menambah rasa gurih serta tekstur renyah pada peyek.

Baca juga: Donat Susu Bismillah, Teksturnya Lembut dan Empuk, Tak Kalah dengan Produk Brand Besar

Untuk minyak goreng ia menggunakan minyak kemasan bukan minyak curah, sehingga bisa dipastikan aman dan tidak menimbulkan serak/gatal di tenggorokan usai makan peyek.

“Untuk bumbu saya menggunakan resep turun temurun dari nenek. Saya juga tak pelit soal pemberian daun jeruk yang menambah rasa sedap pada peyek,” katanya saat ditemui, Selasa (22/11/2022).

Risma menuturkan, peyek buatannya memiliki empat varian, yaitu peyek kacang tanah, peyek kacang hijau, peyek teri, dan peyek teri pedas. Ia mengemas peyek dengan tiga ukuran, mulai dari kemasan twinwall, toples 5 liter, dan pastik kiloan. Harganya beragam mulai dari Rp25 ribu hingga Rp100 ribu.

Baca juga: Jadi Primadona, Pisang Keju 31 Ini Porsinya Gede, Varian Rasa dan Topingnya Banyak

Risma mengaku setiap harinya ia hanya memproduksi 6 kilogram peyek, karena keterbatasan tenaga. Peyek Mbah Putri dapat dipesan melalui WhatsApp di 0857-2705-5599 atau sosial media seperti Instagram peyek.mbahputri dan Facebook Karisma. Risma juga melayani pesanan untuk hantaran nikah, hantaran lamaran ataupun anak untuk hajatan dan oleh-oleh.

“Rata-rata terjual 3-5 kilogram peyek setiap harinya. Saat ini pelanggan masih dari sekitaran Kudus saja,” ungkapnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Erna Safitri
Erna Safitri
Erna Safitri adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di IAIN Kudus Jurusan Komunikasi.

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
100,000PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler