31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaSOLOPemkot Solo Gratiskan...

Pemkot Solo Gratiskan Naik BST hingga Akhir Tahun

BETANEWS.ID, SOLO – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo resmi menambah masa gratis penggunaan Batik Solo Trans (BST) dan Feeder oleh masyarakat Solo dan sekitarnya. Sebelumnya, layanan bus BST yang menggunakan skema buy the service (BTS) oleh Kementerian Perhubungan tersebut gratis selama masa uji coba semenjak diluncurkan pada 29 Desember 2020 lalu.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo Taufiq Muhammad, perpanjangan masa penggratisan layanan ini untuk menindaklanjuti penetapan tarif BST dan Feeder sebesar Rp3.700 di seluruh Indonesia pada 31 Oktober 2022.

“Tapi di Solo tetap digratiskan karena yang membiayai atau yang membayar Pemerintah Kota Surakarta. Jadi monggo jangan ragu masyarakat Surakarta dan sekitarnya, gunakan lah layanan batik Solo Trans dalam melakukan aktivitas atau mobilitas untuk harian, baik untuk bekerja maupun sekolah,” katanya, Senin (31/10/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Terminal Tipe C Pelangi Beroperasi, Warga Solo Utara Kini Makin Mudah Gunakan Transportasi Umum

Adapun dana yang digunakan oleh Pemkot Solo merupakan dana APBD perubahan dengan jumlah Rp3,3 miliar. Sehingga, masyarakat Solo dan sekitarnya masih bisa menikmati layanan transportasi tersebut secara gratis selama dua bulan ke depan.

“Ketentuannya untuk penumpang umum wajib mempunyai e-money dan wajib untuk tapping di Top atau Tap On Bus-nya. Tapi untuk pelajar, lansia, dan disabilitas sementara hanya menunjukkan kalau anak sekolah berseragam atau kartu pelajarnya. Kalau lansia menunjukkan KTP di atas 60 tahun itu masih gratis,” tegasnya.

Baca juga: Ridwan Kamil Beri Masukan Gibran Soal Desain Kota yang Bikin Warganya Betah

Ia menjelaskan, diwajibkannya masyarakat umum untuk tapping kartu adalah untuk menghitung banyaknya pengguna layanan BST. Sehingga, pihaknya bisa melakukan pendataan secara detail. Jika tidak menggunakan e-money, masyarakat juga bisa menggunakan aplikasi Teman Bus.

“Kalau menggunakan aplikasi teman bus bisa sama e-money. Tapi untuk QRIS atau e-wallet itu tidak boleh atau tidak bisa digunakan, karena pembayaran nol rupiah itu di QRIS tidak bisa,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler