31 C
Kudus
Rabu, Februari 28, 2024

Terminal Tipe C Pelangi Beroperasi, Warga Solo Utara Kini Makin Mudah Gunakan Transportasi Umum

BETANEWS.ID, SOLO – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo meresmikan Terminal Tipe C Pelangi yang berada di Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Solo, Jumat (2/9/2022). Sub terminal tersebut dibangun guna memberikan pelayanan yang nyaman, aman, tertib dan memenuhi titik akhir pemberangkatan dari angkutan kota di wilayah Solo Utara.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Solo Taufiq Muhammad menjelaskan, sub terminal itu telah memiliki 12 rute Solo Trans yang terdiri 6 berbasis bus dan yang 6 berbasis angkot.

Peresmian Terminal Tipe C Pelangi di di Mojosongo, Kecamatan Jebres, Solo. Foto: Ist

“Kita ada 6 rute BST yang dilalui. Rute-rute yang melalui lingkungan masyarakat ini perlu dibangun. Sebelumnya di pinggir jalan kita akan ganti menjadi seperti ini,” katanya.

Baca juga: Sedang Direnovasi, Mulai 1 September Taman Satwa Taru Jurug Tak Terima Wisatawan

Rencananya, Dishub Solo akan menambah beberapa Terminal Tipe C dan halte di Kota Solo. Pihaknya saat ini tengah melakukan survei di beberapa tempat, tapi kendalanya adalah susahnya lahan yang digunakan untuk lokasi pembangunan.

“Kita butuh lahan berkisar 300 meter persegi, karena sub terminal seperti ini harus mencakup ruang tunggu, toilet, ruko, dan lain-lain,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Taufiq menyampaikan bahwa pembangunan Terminal Tipe C ini membutuhkan waktu sekitar tiga bulan dengan anggaran Rp465 juta.

Baca juga: Limbah Jeroan Anjing Ditemukan di Sungai Bengawan Solo, Gibran: ‘Sudah Diketahui Orangnya, Nanti Ada Sanksi’

Senada dengan Taufiq, Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa menuturkan, ke depannya Pemkot Solo akan menambah infrastruktu Sub Terminal Tipe C dan feeder. Pembangunan tersebut akan dilakukan seiring dengan kebutuhan dan respon masyarakat.

“Jadi Kota ini harus ada sub-sub terminalnya untuk feeder-feeder itu maka mereka ada titik posnya dan jam berangkatnya bisa diatur. Biar pun nanti akan ada penambahan feeder-feeder lagi sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan masukan masyarakat,” tuntas Teguh.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER