31 C
Kudus
Sabtu, Februari 4, 2023
BerandaKUDUSBela Ketua RW...

Bela Ketua RW yang Dipolisikan BPD Kedungdowo, Warga Ancam Laporkan Balik

BETANEWS.ID, KUDUS – Warga RT 6 dan RT 8 di RW 1 Desa Kedungdowo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus berencana melaporkan balik ketua dan anggota Badan Permusyawarahan Desa (BPD) setempat ke kepolisian. Hal itu dilakukan sebagai bentuk dukungan kepada ketua RW 1 Desa Kedungdowo yang sudah dilaporkan ke kepolisian oleh BPD dengan tuduhan pencemaran nama baik.

Ketua RT 6 RW 1 Desa Kedungdowo Suhartono (32) menganggap, tindakan BPD itu arogan. Menurutnya, yang dilakukan Ketua RW 1 Desa Kedungdowo itu hanya mempertanyakan betonisasi jalan di RT 6 dan RT 8 yang hasilnya sangat buruk.

“Beliau itu bertanya bukan menuduh. Ini kok malah dilaporkan ke kepolisian dengan tuduhan pencemaran nama baik. Oleh karenanya, jika tak ada iktikad baik maka kami akan melaporkan balik ketua BPD dan anggotanya ke kepolisian,” ujar Suhartoyo kepada awak media, Rabu (30/11/2022).

Baca juga: Dituduh Dapat Gratifikasi Uang dari Proyek Betonisasi Jalan, BPD Kedungdowo Laporkan Oknum Ketua RW

Selain itu, kata dia, warga juga kecewa dengan kinerja BPD. Pasalnya, proyek betonisasi di RT 6 dan RT 8 di RW 1 Desa Kedungdowo hasilnya sangat buruk. Padahal, sebagai BPD mereka bisa menjalankan fungsinya, yakni dengan menghentikan proyek betonisasi ketika tak sesuai dengan Rancangan Anggaran Biaya (RAB).

“Namun, BPD Kedungdowo tidak melakukan pengawasan sebagai mestinya. Sehingga proyek betonisasi itu hasilnya sangat buruk. Hanya berselang dua pekan, beton jalan itu sudah pada mengelupas,” bebernya.

Dia mengatakan, proyek betonisasi jalan yang hasilnya sangat buruk itu panjangnya kurang lebih 96 meter dengan lebar kurang lebih 2,5 meter. Dana proyek betonisasi itu dari Bantuan Gubernur (BanGub). Ia juga menyesalkan dalam pengerjaan proyek betonisasi itu tidak melibatkan warga sekitar.

“Seharusnya pengerjaan betonisasi yang ada di Desa Kedungdowo itu diswakelolakan, sehingga memberdayakan warga sekitar untuk ikut bekerja dan bisa menambah ekonomi kerakyatan,” imbuhnya.

Baca juga: Jembatan Apung Dibangun di Sungai Lusi, Jadi Jalan Pintas Warga Demak dan Kudus

Menurutnya, warga menganggap BPD tidak bisa menunjukan keterwakilannya sebagai pejabat yang mempunyai tugas meneruskan aspirasi warganya.

“Kami mendukung langkah RW 1 Desa Kedungdowo karena memperjuangkan warganya,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua BPD Kedungdowo dan anggotanya melalui kuasa hukum Muhammad Munif melaporkan RW desa setempat yang berinisial R ke Polres Kudus. Pelaporan tersebut terkait pencemaran nama baik, karena R menuduh BPD Kedungdowo mendapat gratifikasi uang atas proyek betonisasi empat ruas jalan desa.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
100,000PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler