31 C
Kudus
Minggu, Desember 4, 2022
BerandaKISAHAwalnya Dicibir Karena...

Awalnya Dicibir Karena Jualan di Emperan tapi Mahal, Wika Buktikan Bisa Sukses Usaha Pakaian

BETANEWS.ID, KUDUS – Wika Indriyani (30) terlihat sibuk menata pakaian yang tergantung di tokonya yang berada di Jalan Sosrokartono, Desa Bacin, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Hari itu, tokonya cukup ramai didatangi para wanita yang ingin mencari berbagai jenis pakaian di sana.

Wika terlihat ramah melayani setiap pengunjung. Karena menurutnya, modal keramahan itu juga jadi caranya membuat pembeli nyaman dan nantinya bisa kembali lagi. Toko tersebut memang jadi andalannya mencari rezeki. Makanya, ia tak mau menghancurkan usaha yang dirintis mulai dari jualan di emperan GOR Kudus pada 2018 lalu itu.

Wika sedang menata produk yang dijual di Moomins Daily Outfits. Foto: Erna Safitri

Waktu itu, ia merintis udaha bersama temannya, yaitu Yusrina. Produk pertama yang ia jual adalah daster. Selain jualan di emperan setiap akhir pekan, ia juga menjual secara online dan sistem cash on delivery (COD).

- Ads Banner -

Baca juga: Belanja di Moomins Daily Outfits Ini Bisa Bikin Kalap; Bahan Bagus, Harganya Ramah Kantong

“Jualan ngemper di GOR pakai sepeda motor dari pagi karena ingin memperkenalkan produk kita. Awalnya cuma dilirik bahkan ada yang bilang emperan tapi kok mahal, dikira sama dengan yang dipasaran, padahal kita emang kuliatasnya beda, premium,” ungkapnya, Sabtu (29/10/2022).

Meski begitu, Wika terus konsisten melakukan promosi, hingga akhirnya mulai disukai dan banyak yang mengenal produk dasternya. Tantangan tak habis begitu saja, di 2020 saat ada pandemi dan penerapan PPKM, membuatnya tak bisa berjualan secara emperan di GOR Kudus.

Ia lantas kembali berjualan secara online melalui sosial media. Promosi demi promosi membuahkan hasil dengan adanya pesanan yang tak hanya dari pulau Jawa, melainkan dari Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatra.

“Sempat tertipu juga udah bayar barangnya nggak datang. Bahkan pernah beli barang datang malah kuliatasnya nggak bisa dijual. Itu sekitar Rp10 juta,” tuturnya.

Saat pandemi mulai reda pada 2021, ia memutuskan jualan emperan hingga beberapa dari pelanggan menyarankan untuk membuat toko. Kemudian pada Januari 2022, Wika dan rekannya resmi membuka toko Moomins Daily Outfits.

Tidak sampai di situ, ia juga menambah beragam produk fasyen lainnya. Kini selain lengkap, tokonya dikenal karena menyediakan ukuran over size yang jarang tersedia di toko lain. Ia juga masih melayani penjualan online baik melalui Instagram maupun Shopee.

Baca juga: Cibiran saat Awal Rintis Usaha Kuliner Tak Bikin Nafis Mundur, Kini Ia Buktikan Bisa Sukses dengan Seblak Ma’e

“Dulu awalnya kan daster aja, sekarang udah banyak lengkap dari kerudung, celana, kemeja, dress, dan masih banyak lagi. Kita juga mulai menyediakan skincare dan bodycare juga,” tambahnya.

Wika berharap, Moomins Daily Outfits dapat menyediakan kebutuhan fasyen bagi perempuan dengan kualitas terbaik yang nyaman dikenakan, serta dapat membuka cabang hingga membuat brand sendiri.

“Semoga kami selalu kepuasan untuk ibu-ibu, setiap ke sini menemukan baju yang mereka sukai, nyaman, jadi terlihat cantik. Semoga punya brand sendiri, ingin memberikan baju-baju yang kita jual jadi pribadi yang positif,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Erna Safitri
Erna Safitri
Erna Safitri adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di IAIN Kudus Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler