31 C
Kudus
Rabu, November 30, 2022
BerandaKUDUSTingkat Kunjungan ke...

Tingkat Kunjungan ke Museum Patiayam Melonjak 60 Persen, Turis Asing Mulai Berdatangan

BETANEWS.ID, KUDUS – Tingkat kunjungan ke Museum Purbakala Patiayam mengalami peningkatan hingga 60 persen sejak kondisi pandemi Covid-19 mulai mereda. Tidak hanya itu, beberapa turis mancanegara juga telah bertamu di museum yang berada di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus itu.

Koordinator Petugas Museum Purbakala Patiayam Jamin menjelaskan, turis yang berkunjung ke museum itua dalah warga Hungaria dan Prancis pada Juni-Juli lalu.

Siswa SDN 4 Terban saat mengunjungi Museum Purbakala Patiayam. Foto: Sekarwati.

“Kalau pengunjung untuk saat ini kebanyakan dari luar kabupaten, mulai dari Pati, Jepara, hingga Demak. Alhamdulillah di bulan Juni-Juli itu ada turis mancanegara dari Hungaria dan Prancis. Mereka melakukan tour paralel dan melihat langsung koleksi Museum Patiayam,” katanya pada betanews.id, Jumat (7/10/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Museum Patiayam Targetkan Bisa Naik Kelas Jadi Tipe B pada Awal 2023

Meski tingkat kunjungan sudah berangsur-angsur naik hingga 60 persen, pihaknya akan tetap berupaya untuk terus meningkatkan jumlah kunjungan secara bertahap.

Alhamdulillah semenjak pandemi jelas tutup total dan setelah pandemi dibuka ada peningkatan dari persentasi kita lihat ada 60 persen untuk semua kalangan,” imbuhnya.

Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya Kudus Yusron menambahkan, Museum Patiayam mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp700 juta per tahun. Dana ini digunakan untuk menunjang beberapa kegiatan promosi untuk meningkatkan pengunjung.

Baca juga: Gaet Generasi Muda, Tim MGMP Sejarah Sarankan Museum Patiayam Buat Konten Menarik di TikTok

Setelah diadakannya acara belajar sejarah di Museum Patiayam bersama dengan tim Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah selama empat hari ini, pihaknya akan ada kegiatan lanjutan dengan sasaran peserta desa wisata.

“Setelah ini ada museum keliling. Rencana ke desa-desa wisata di Kudus, kita datangi kita promosi di sana. Sehingga semisal ada pengunjung di sana nanti bisa minta tolong untuk mengunjungi museum Patiayam juga,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler