31 C
Kudus
Jumat, Maret 29, 2024

Museum Patiayam Targetkan Bisa Naik Kelas Jadi Tipe B pada Awal 2023

BETANEWS.ID, KUDUS – Museum Patiayam memiliki target bisa naik kelas dari museum tipe C menjadi tipe B pada awal 2023 mendatang. Untuk mencapai target itu, Koordinator Petugas Museum Patiayam Jamin menyebut beberapa langkah yang telah disiapkan, seperti penambahan fragmen, pengembangan sumber daya manusia (SDM), perbaikan sarana dan prasarana, dan peningkatan jumlah pengunjung.

“Rencana kita ajukan tahun 2023. Jadi kita tinggal nunggu instruksi dari pimpinan, karena ada beberapa syarat yang harus kita tepati, salah satunya pengajuan penambahan fragmen yang kemarin 17 fragmen. Rencananya kita ajukan kepada pimpinan sekitar 20-25 dari fragmen perwakilan semua spesies,” katanya pada betanews.id, Rabu (5/10/2022).

Siswa SDN 2 Terban saat belajar sejarah di Museum Patiayam. Foto: Sekarwati

Adanya penambahan gedung baru Museum Purbakala Patiayam, disebut Jamin bisa memberikan semangat dalam pengambangan museum yang berada di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus itu.

Baca juga: Belajar Sejarah dengan Asyik Ala Museum Patiayam

“Tipe C itu kan peralihan dari rumah fosil ke musuem. Kita perlu melakukan pengembangan-pengembangan lagi dari tipe C ke tipe B, karena itu juga nilai plus atau dipersyaratkan untuk pengembangan dari segi penemuan, sarana prasarana, dan SDM,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, salah satu upaya dalam mendongkrak promosi Museum Purbakala Patiayam adalah menggelar belajar sejarah yang bekerja sama dengan tim Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah Kudus. Dalam acara ini, pihaknya mengundang pelajar di Kudus untuk belajar langsung di museum.

“Jelas dari generasi-generasi muda ini lah yang jadi harapan kami, sehingga lebih kreatif dan mendalami historis situs yang kebetulan berada di tanah kelahiran mereka,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
133,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER