31 C
Kudus
Kamis, Desember 1, 2022
BerandaKUDUSGaet Generasi Muda,...

Gaet Generasi Muda, Tim MGMP Sejarah Sarankan Museum Patiayam Buat Konten Menarik di TikTok

BETANEWS.ID, KUDUS – Guru SMA Negeri 2 Bae Nurina Laura Malau Gurning menyarankan Museum Purbakala Patiayam membuat konten menarik di TikTok. Hal itu disampaikan saat mengisi acara belajar sejarah di Museum Patiayam, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Kamis (6/10/2022).

Guru yang tergabung dalam Tim Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah itu mengatakan, anak-anak milenial saat ini lebih banyak menyukai TikTok. Keadaan itu bisa dimanfaatkan oleh museum untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda pada museum.

Siswa SDN 2 Terban saat belajar sejarah di Museum Patiayam. Foto: Sekarwati

“Menurut saya TikTok itu harus diisi dengan konten-konten museum, mereka pasti menonton. Karena anak-anak sekarang kan senangnya melihat TikTok. Nah ini jadi PR museum bagaimana menumbuhkan minat dari anak-anak agar mereka mau melihat museum,” katanya.

- Ads Banner -

Baca juga: Belajar Sejarah dengan Asyik Ala Museum Patiayam

Tidak hanya TikTok, lanjut Laura, promosi itu bisa dilakukan dengan memanfaatkan media sosial yang ada, tidak terkecuali game online. Laura menerangkan, di Italia bahkan telah memanfaatkan cara itu, sehingga belajar di museum semakin  seru dan menyenangkan.

“Kemarin saya lihat di TV ternyata di Italia mereka menemukan atau bekerja sama dengan pembuat aplikasi game di museum. Itu tentang seorang anak mencari ayahnya yang belum pernah ditemui dan mencarinya di museum. Nah di dalam museum itu dia berkenalan dengan benda-benda di situ dan masuk dalam bagian permainan. Maskipun mahal juga ya biayanya, tapi itu bisa jadi bahan pemikiran supaya museum ini menjadi menarik bagi anak-anak milenial,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler