31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaKUDUSJEPARAPemkab Jepara Siapkan...

Pemkab Jepara Siapkan Rp2,5 M untuk Pembebasan Lahan Perluasan Bandara Dewadaru Karimunjawa

BETANEWS.ID, JEPARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara menyiapkan anggaran Rp2,5 miliar untuk mendukung perluasan Bandara Dewadaru, di Kepulauan Karimunjawa. Anggaran tersebut disiapkan untuk pembebasan lahan warga di tahun 2022.

Sekretaris daerah (Sekda) Jepara Edy Sujatmiko menjelaskan, pembebasan lahan bandara menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten. Sedangkan pelaksanaan pembangunan oleh Kementerian Perhubungan setelah proses pengadaan tanah selesai secara keseluruhan.

“Kami akan memberi ganti kerugian yang layak dan adil bagi warga yang terkena perluasan. Untuk menentukan besaran nilai tanah dilaksanakan dengan menggunakan jasa penilai (Appraisal),” kata dia saat menggelar sosialisasi lanjutan pengembangan dan perluasan Bandara Dewadaru di Aula Bandara Dewadaru, Jumat (14/10/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Australia Beri Bantuan Ambulans Laut untuk Warga Karimunjawa

Kepala Dishub Jepara Trisno Santoso mengatakan, lahan yang disediakan Pemkab Jepara seluas 8.600 meter persegi. Sedangkan untuk provinsi seluas 1,6 hektare.

“Dari 8.600 meter persegi akan dilakukan secara bertahap,” kata dia.

Rencana pemanfaatan lahan tersebut, akan digunakan untuk fasilitas pelataran parkir pesawat udara (Apron). Sedangkan untuk landasan pacu saat ini sudah selesai sepanjang 1,4 kilometer.

Diharapkan dengan adanya perluasan Bandara Dewadaru, akses pariwisata Karimunjawa akan semakin terbuka. Wisatawan akan mempunyai alternatif atau pilihan berkunjung baik melalui laut atau jalur udara.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler