31 C
Kudus
Selasa, November 29, 2022
BerandaSOLOMuralis Solo Gelar...

Muralis Solo Gelar Aksi Solidaritas Pesan Damai untuk Sepak Bola Indonesia

BETANEWS.ID, SOLO – Gerakan Mural Soloissolo membuat pesan damai untuk sepak bola Indonesia usai tragedi Stadion Kanjuruhan Malang di Koridor Gatot Subroto Solo pada Rabu (5/10/2022) malam. Pembuatan mural yang diinisiasi fans sepak bola dari berbagai daerah itu ingin mengajak seluruh suporter mengakhiri rivalitas.

Koordinator Program Soloissolo Irul Hidayat menuturkan, aksi tersebut bertujuan untuk mengingatkan masyarakat terhadap tragedi Kanjuruhan. Selain itu, mural itu juga sebagai bentuk aksi pesan damai.

“Jadi mural ini menyuarakan pesan damai untuk sepak bola Indonesia. Jadi dengan teman-teman dari berbagai klub di Indonesia, mural di sini sebagai simbol perdamaian,” ujar Irul.

- Ads Banner -

Baca juga: Suporter Persis, PSIM, dan PSS Sepakat Damai, Baliho Mataram is Love Terpampang di Manahan

Menurut Irul, mural merupakan bentuk seni publik yang dirasa efektif sebagai media penyampaian pesan moral kepada publik. Dengan mural, banyak masyarakat yang akan melihat saat melintas di lokasi tersebut.

“Tiap hari yang lewat sini ribuan. Mural itu kan seni publik yang efektif banget untuk menyampaikan pesan-pesan moral kepasa publik yang diharapkan nanti dengan sedikir suara perdamaian ini punya imbas positif lah kepada yang sekarang terjadi,” katanya.

Mural tersebut bergambar para suporter yang saling merangkul. Para suporter juga digambarkan dengan mengenakan kaus yang berlogo beberapa klub sepak bola ternama di Indonesia.

Di atas gambar suporter juga tertulis kalimat “#doauntukkanjuruhan, Cukup sekali, jangan terulang lagi, satu cinta sepak bola Indonesia”.

“Ini kan sebuah simbol yang orang orang bergandengan tangan ini sebenarnya kita memang saat ini menggambarkan beberapa klub besar yang selama ini berrival ya. Ada Persis, PSIM, Persebaya, Persija, Arema, Persib, PSIS, dan PSS,” jelasnya.

Baca juga: Akhiri Rivalitas, Suporter Persis Hadiri Undangan Doa Bersama Tragedi Kanjuruhan oleh Suporter Jogja

Setelah mural selesai digambar, para suporter juga menuliskan pesan secara acak dengan menggunakan marker atau spidol yang telah disediakan.

“Nantinya silahkan publik itu nantinya memberi mencoret-coret di sini untuk logo klubnya yang mereka cintai. Kita harapkan ada intraksi denga publik, nanti bisa nempelin stiker, logo klubnya masing-masing. Itu ke depan mungkin kita sediain juga media untuk coret-coret itu,” ujarnya.

Aksi juga diakhiri dengan doa bersama yang ditujukan kepada korban tragedi Kanjuruhan. Selain itu juga agar perdamaian antar suporter klub sepak bola benar-benar dapat terealisasikan hingga ke akar rumput.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler