31 C
Kudus
Selasa, November 29, 2022
BerandaKUDUSGara-Gara Ada Pengisian...

Gara-Gara Ada Pengisian Perangkat Desa, Pemohon Layanan Adminduk di Disdukcapil Kudus Melonjak

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemohon layanan administrasi kependudukan (adminduk) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus melonjak tajam dalam dua pekan terakhir. Dalam sehari, ada lebih dari seribu orang yang datang untuk mengurus data kependudukannya.

Menurut Kepala Disdukcapil Kudus Eko Hari Djatmiko, dalam kurun waktu 10 hari terakhir, atau mulai tanggal 4-13 Oktober 2022, sudah ada 11 ribu pemohon layanan adminduk.

Beberapa warga sedang mengantre untuk mendapatkan layanan adminduk di Disdukcapil Kudus. Foto: Rabu Sipan

“Berarti setiap harinya (rata-rata) ada lebih dari seribu warga yang mengurus data kependudukan. Jumlah tersebut melonjak tiga kali lipat dibanding hari biasa yang hanya ada 300 pemohon,” beber Eko saat ditemui di ruangannya, Senin (17/10/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: 90 Desa di Kudus Gelar Seleksi Perangkat Desa Mulai 26 September, Ada 252 Jabatan Lowong

Melonjaknya pemohon itu, kata Eko bertepatan dengan adanya pengisian perangkat desa di 90 desa. Dalam seleksi itu, ada syarat pelamar harus melengkapi data kependudukan, legalisir, dan lainnya.

“Paling banyak memang mengurus legalisir akta lahir. Sebab akta lahir itu tanda tangannya belum menggungakan tanda tangan elektronik (TTE),” jelasnya.

Selain itu, kata dia, para pelamar perangkat desa juga ada yang mengurus kelengkapan data E-KTP, misal perubahan status pekerjaan, status pernikahan, dan lainnya.

Baca juga: Hartopo Tekankan Seleksi Perangkat Desa Harus Transparan

“Pergantian status itu kan harus tetap diurus di Dinas Dukcapil. Sebab jika tidak, khawatirnya nanti data kependudukannya dianggap kurang lengkap,” katanya.

Dengan membeludaknya pemohon itu, pihaknya sampai harus menambah loket layanan dari delapan menjadi 16.

“Selain menambah loket pelayanan, kami juga menambah ekstra time untuk pelayanan data kependudukan. Alhamdulillah semua bisa diantisipasi. Saat ini juga masih ada yang mengurus data kependudukan untuk pengisian perangkat desa, tapi paling tinggal dua atau tiga orang,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler