31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaKUDUS90 Desa di...

90 Desa di Kudus Gelar Seleksi Perangkat Desa Mulai 26 September, Ada 252 Jabatan Lowong

BETANEWS.ID, KUDUS – Sebanyak 90 desa dari 123 desa di Kabupaten Kudus segera melaksanakan pengisian perangkat. Seleksi itu untuk mengisi 252 jabatan yang lowong dengan rincian sekretaris desa (Sekdes) 78 formasi, Kepala Seksi Pemerintahan 14 formasi, Kepala Seksi Kesejahteraan 12 formasi, Kepala Seksi Pelayanan 12 formasi, Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum 17 formasi.

Kemudian ada 5 formasi Kepala Urusan Umum dan Perencanaan, 13 formasi Kepala Urusan Keuangan, 21 formasi Kepala Urusan Perencanaan, 38 formasi Kepala Dusun dan 42 formasi Staf.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Adhi Sadhono Murwanto menjelaskan, pengisian perangkat desa akan dimulai pada 26 September 2022 di mana desa terkait harus sudah membentuk panitia pengisian.

- Ads Banner -

Baca juga: Pemkab Kudus Segera Lakukan Seleksi 200 Perangkat Desa, Ini Syarat dan Jadwalnya

“Kemudian pendaftaran dibuka mulai tanggal 5 Oktober 2022. Pendaftaran dilaksanakan selama tujuh hari kerja,” bebernya dalam acara Sosialisasi Seleksi Perangkat Desa di Gedung Setda Kudus, Selasa (20/9/2022).

Dia mengungkapkan, jika dalam pendaftaran tahap pertama itu hanya ada satu pendaftar di satu formasi, maka waktu pendaftaran akan diperpanjang, sebab aturannya harus minimal dua orang.

Terkait molornya waktu pengisian jabatan, Adhi mengaku penyebabnya ada banyak faktor, salah satunya adalah harus menginvanterisir Perguruan Tinggi terakreditasi A yang sudah bekerja sama dengan Pemkab Kudus.

“Sebab sesuai aturan, pengisian perangkat desa harus melibatkan perguruan tinggi terakreditasi A, serta sudah bekerja sama dengan Pemkab Kudus. Jika Perguruan tinggi sudah terakreditasi A, tapi tidak bekerja sama dengan Pemkab Kudus, tidak bisa dilibatkan,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, untuk seleksi pengisian perangkat desa nantinya dilaksanakan serentak pada tanggal 13 Desember 2022 dan hasilnya langsung diumumkan hari itu juga.

Baca juga: DPRD Kudus Didesak Awasi Seleksi Perangkat Desa, Ketua Komisi B: ‘Setuju, Mari Awasi Bersama’

“Terkait lokasi atau tempat seleksi sesuai kesepakatan pihak desa dan Perguruan tinggi. Sedangkan terkait sistem ujian seleksi bisa Computer Assisted Test (CAT) dan Lembar Jawaban Komputer (LJK),” pungkas Adhi.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kudus Dian Noor Tamzis Hanafi menjelaskan, seleksi perangkat desa ada empat tahapan besar, yaitu penjaringan, penyaringan, pengesahan, dan pelatihan untuk calon perangkat desa yang jadi.

Untuk persayaratannya, secara umum adalah warga negara indonesia (WNI), pendidikan minimal Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat, serta minimal berusia 20 tahun dan maksimal 42 tahun.

“Kemudian, berkelakuan baik, tidak pernah dihukum dan bersedia bertempat tinggal di desa yang bersangkutan, apabila sudah diangkat jadi perangkat desa. Jadi tidak harus warga desa setempat,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler