31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

Bea Cukai Kudus Bantu UMKM Mebel di Jepara Ekspor Produk ke Jepang

BETANEWS.ID, JEPARA – Bea Cukai Kudus menggandeng Atase Keuangan pada KBRI Jepang, Kadin Jepara, ICSB Jepara, dan Freight Forwarder di Jepara untuk mendukung UMKM yangada di wilayah tersebut. Isi kerja sama itu melakukan kegiatan business matching antara perajin mebel dengan buyer dari Jepang.

Kepala Kantor Bea Cukai Kudus Moch Arif Setijo Nugroho menyampaikan, Jepara merupakan kabupaten yang terkenal dengan kerajinan ukir dan produk mebel yang beberapa pengusahanya masih bertransaksi secara manual, termasuk dalam pemasarannya. Padahal, produk yang dihasilkan banyak  menarik para buyer dari luar negeri.

“Kondisi tersebut mendorong Bea Cukai Kudus mencoba satu terobosan baru dengan mempertemukan antara buyer dari perusahaan Jepang (KYOTANE Corporation) dengan UMKM perajin mebel di Jepara (Indah Jati Furniture dan Antex Jaya Exim). Kegiatan ini semata-mata untuk mendukung ekspor dari UMKM,” ujarnya kepada Betanews melalui siaran tertulisnya, Sabtu (22/10/2022).

Baca juga: Bea Cukai Kudus dan Polres Demak Amankan Mobil Pengangkut 300 Ribu Batang Rokok Ilegal

Ketua ICSB Jepara sekaligus pemilik Uniqe Cargo (Freight Forwarder) Ajar Tri Raharjo mengapresiasi dukungan dari Bea Cukai Kudus yang telah memfasilitasi kegiatan business matching ini. Sehingga, calon pembeli dapat bertemu langsung dengan para pelaku UMKM.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sinergi yang luar biasa dari Bea Cukai Kudus sebagai trade facilitator,” ungkapnya.

Hal senada juga dikatakan oleh pemilik Indah Jati Furniture Sumanto. Dia menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada semua pihak yang terlibat, baik kepada Bea Cukai Kudus, maupun kepada ICSB Jepara karena telah membawa tamu berkunjung ke tempat usahanya. Selain itu, ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Yasunobu Okamura yang telah rela datang dari Jepang untuk berkunjung.

Baca juga: Hingga Triwulan Ketiga 2022, Bea Cukai Kudus Sudah Amankan 11,8 Juta Batang Rokok Ilegal

“Saya berharap tamu yang berkunjung ke tempat usahaku merasa cocok dengan produk-produk kami, sehingga dapat terjalin hubungan bisnis yang berkelanjutan di masa mendatang,” harap Sumanto.

Sementara itu, Senior Managing Director of KYOTANE Corporation Yasunobu Okamura menyampaikan rasa terima kasih kepada Bea Cukai Kudus yang telah mempertemukan dan memperkenalkannya dengan pemilik usaha Indah Jati Furniture dan Antex Jaya Exim. Besarnya tempat produksi mebel yang dikunjungi dan banyaknya variasi produk yang dijual, memberikan kesan yang sangat menarik baginya.

“Terlebih lagi, ada beberapa produk mebel yang tidak dapat ditemukan di internet sehingga mempunyai keunikan tersendiri,” tuntasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER