31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaKISAHTemukan Peluang saat...

Temukan Peluang saat Pandemi, Intip Rahasia Bisnis Bakery Milik Debiy yang Kini Makin Diminati Pelanggan

BETAEWS.ID, KUDUS – Debiy Anugrahini (50) terlihat sibuk menggilas adonan pastry menggunakan rolling pin. Adonan yang mulai rata itu kemudian dipotong menjadi beberapa layer. Setiap layer dimasukkannya pada mesin giling secara berulang.

Pagi itu, di dapur rumahnya yang berada di Dukuh Dalangan RT 04 RW 05, Desa Barongan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, dirinya membuat pesanan roti dan bolen yang dibantu satu karyawan dan sang ibu. Ia bertugas membuat bolen jenang Kudus yang merupakan kreasi pastry terbarunya di Bill Bakery Cake dan Cookies.

Baca juga: Gagal Berkali-Kali Hingga Diremehkan, Kini Subeno Buktikan Ben’s Bakery Bisa Sukses

- Ads Banner -

Saat ditemui, Debiy, sapaan akrabnya bersedia berbagi cerita tentang usaha yang dirintisnya sejak tahun 2020 lalu. Ia menyebut, usaha ini berawal dari sang anak yang membuat donat dengan memanfaatkan bahan baku yang berasal dari bantuan dinas.

“Usaha ini awalnya dari anak saya, ketika itu awal pandemi dapat bahan bantuan dari dinas provinsi UMKM seperti telur, tepung dan minyak. Terus dibuatlah donat, karena itu makanan kesukaan keluarga kami,” katanya, Selasa (6/9/2022).

Donat tersebut, lantas dipromosikan secara online melalui Facebook dan WhatsApp yang diberi nama donat menul. Tidak disangka banyak yang suka dan membeli berulang kali. Namun karena sang anak mulai sibuk kuliah dan bekerja di salah satu perusahaan swasta, ia kemudian turun tangan sendiri untuk melanjutkan.

Dalam perjalanannya, Debiy kemudian menambahkan berbagai produk lain, seperti aneka roti manis, cake, pastry, pizza, burger yang juga dijual secara online. Dari situlah kemudian usahanya berkembang dengan nama Bill Backery Cake & Cookies.

“Sejak awal kita selalu mengutamakan kualitas, dari Donut Menul yang sempat viral karena rasanya itu kemudian tambah produk lainnya. Kita juga mendaftarkan Izin PIRT untuk produk kita,” bebernya.

Kini, usaha bakery yang menjadi usaha ketiga bagi Debiy, sudah memiliki pasarnya sendiri. Meskipun usaha rumahan, ia sudah memiliki empat pembeli tetap (bakul) dan ratusan pesanan setiap hari.

Baca juga: Kisah Pipit Rintis Bisnis Cokelat Karakter yang Kini Suplai 50 Toko dan Minimarket di 7 Daerah

Ia juga selalu berusaha memberikan inovasi baru agar konsumen tidak bosan. Salah satunya yang terbaru yaitu Bonang atau bolen jenang Kudus. Meskipun baru, dalam sehari saja bisa menjual 50 kardus atau pak bolen jenang Kudus.

“Inovasi baru ini agar konsumen bisa menikmati jenang khas Kudus dengan cara baru, yaitu pakai pastry. Di mana lembutnya jenang dan lumernya coklat dipadukan dengan kulit pastry yang renyah dan krispi,” tukas Perempuan asli Madura ini.

Editor : Kholistiono

Erna Safitri
Erna Safitri
Erna Safitri adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di IAIN Kudus Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler