31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaMusikRaisa, Tiara, hingga...

Raisa, Tiara, hingga Rizky Febian Akan Meriahkan Solo Batik Music Festival, Catat Tanggalnya

BETANEWS.ID, SOLO – Solo Batik Music Festival yang menjadi rangakaian Hari Batik Nasional akan dimeriahkan 19 artis papan atas Indonesia dan lokal Solo. Acara yang diinisiasi Seraya Production itu akan berlangsung selama dua hari, yakni pada 1 dan 2 Oktober 2022.

Berbagai penyanyi yang dipastikan tampil adalah Raisa Andriana, Tiara Andini, Hivi, Ada Band, Fiersa Besari, Kangen Band, dan Rizky Febian.

Direktur Seraya Group Aviz Zulfahmi menjelaskan, Solo Batik Musik Festival ini bertujuan untuk mengenalkan kembali batik pada generasi milenial.

- Ads Banner -

Baca juga: Dukung Kebaya Jadi WBTB UNESCO, Iriana Jokowi Akan Ikuti Kirab Hari Batik Nasional di Solo

“Selain penampilan para artis, Solo Batik Music Festival juga mengajak seniman mural, pembatik, pengrajin canting dan cap batik serta UMKM batik dan turunannya,” kata Avis pada jumpa pers, Kamis (29/9/2022).

Avis menargetkan sebanyak 10 ribu penonton per harinya untuk dapat hadir pada festival itu. Dirinya juga mengimbau kepada penonton dan para talent untuk memakai batik.

“Para talent kami usahakan menggunakan batik, sehingga penonton termotivasi, agar menganggap batik sebagai lifestyle,” ujar Avis.

Koordinator Supporting Tim Solo Batik Music Festival Blontank Poer menambahkan, pada perhelatan tersebut juga menggandeng beberapa pelaku usaha batik dari Lasem dan Pekalongan. Mereka juga akan membatik untuk mengenalkan kepada masyarakat yang hadir punya tambahan referensi batik-batik pedalaman.

“Sekarang eranya tidak bisa memaksa orang memakai batik. Kita lebih mengajak, dan mengharapkan penonton juga berkenan mengenakan batik,” kata Blontank.

Baca juga: Rock In Solo 2022 Bakal Dimeriahkan Band Internasional, Ini Harga dan Cara Beli Tiketnya

Menurut Blontank, sosialisasi untuk meningkatkan kembali kecintaan generasi muda terhadap batik ini harus terus dilakukan, seperti salah satunya dengan menggelar event serupa yang diselipkan unsur batik.

“Bagaimana kita bisa masif mendekatkan batik ya lewat event ini. Mengumpulkan ramai-ramai di venue dengan artis-artis tersebut sebagai penarik. Penonton nanti akan kaget karena menemukan tenant dan both yang berbeda dari pegalaran musik lainnya,” tutur Blontank.

Tak hanya itu saja, set-up lokasi juga menggunakan mural untuk menutup pagar area Pamedan Mangkunegaran. Mural tersebut dilukis pada kerai bambu yang ditempel diseluruh pagar.

“Biasanya hanya ditutup seng, kita pilih mural biar enak dilihat dan menarik buat tempat selfie,” pungkas Blontank.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler