31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaKUDUSPojok Kliping, Tempat...

Pojok Kliping, Tempat Cari Arsip Sejarah Kudus yang Katanya Lebih Lengkap dari Perspusda Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Tumpukan buku terlihat di sebuah ruangan lantai dua rumah warga Desa Peganjaran RT 6 RW 3, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Di sana, seorang pria terlihat sedang menyusun ulang tumpukan koran bekas yang masih berserakan. Tempat itu adalah Pojok Kliping, yang jadi jujugan para pencari sejarah Kudus.

Founder Pojok Kliping Imam Khanafi menjelaskan, tempatnya itu tersedia arsip buku, foto, dan koran yang berkaitan dengan sejarah di area Muria. Bahkan menurutnya, kini Pojok Kliping menjadi tempat yang lengkap dibandingkan dengan Perpusda Kudus tentang sejarah Kudus.

Imam Khanafi menata koleksi Pojok Kliping. Foto: Kaerul Umam

“Dulu Perpusda Kudus sangat lengkap dengan arsip sejarah Kudus. Namun sekarang Perpusda tidak begitu lengkap, mungkin karena setelah pindah lokasi saya tidak tahu, yang jelas saat ini lebih lengkap di sini,” bebernya, Kamis (22/9/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Pernah Ditawar Rp4 Juta, Koran Tahun 1972 Berisi Liputan Nitisemito Ini Tak Akan Dijual Harga Berapa Pun

Ia menyebutkan, ada beberapa buku yang mengulas tentang sejarah Kudus, di antaranya tentang sejarah rokok, sejarah Sunan Muria, dan lain sebagainya. Ia memulai mengumpulkan arsip tentang sejarah Kudus itu sejak 2013 yang lalu, dengan mencari di loakan, membeli di market place Facebook, dan ada yang hibah dari temanya.

“Saya suka membaca sudah sejak lama, sejak masih sekolah SMA. Menurut saya ini menarik mengumpulkan arsip buku tentang sejarah, apalagi di Kudus belum ada yang nggarap,” terangnya.

Baca juga: Koleksi Museum Patiayam Sudah Capai 9.346 Fragmen Fosil, Termasuk Manusia Purba

Dengan lengkapnya arsip yang tersedia, kata Imam, banyak siswa, mahasiswa, maupun guru datang ke tempatnya mencari buku sejarah yang diinginkan sebagai bahan tugas maupun penelitian.

“Di tempat ini sekarang tambah banyak relasi dan teman. Jika ada yang mau minjam buku dari sini belum bisa dikeluarkan atau dipinjamkan. Kalau mau saya fotokopi ataupun kirim pdf,” tandas Imam.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler