31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaKEDUMAGELANGMusim Hujan Diprediksi...

Musim Hujan Diprediksi Datang Lebih Awal

BETANEWS.ID, MAGELANG – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim hujan untuk tahun ini akan datang lebih cepat. Bahkan musim hujan kali ini, memungkinkan terjadinya cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan bencana. Seperti halnya angin kencang, longsor dan juga banjir bandang.

Kasi Penanggulangan Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magelang, Muflichah Roychani mengatakan, di Kabupaten Magelang sendiri, mungkin terkena dampak dari potensi cuaca ekstrem saat musim hujan kali ini.

Baca juga: Setiap Musim Hujan, Warga Desa Pladen Ngaku Tidak Tenang Karena Ada Ancaman Tanggul Jebol

- Ads Banner -

Hal itu melihat geografis Kabupaten Magelang yang dikelilingi gunung-gunung tinggi dan juga banyaknya sungai. Hal itu memungkinkan terjadinya longsor dan banjir bandang. Selain itu, pohon-pohon besar juga berpotensi tumbang jika dihantam angin kencang.

“Jadi, BMKG menjelaskan, perkiraan musim hujan di Indonesia akan terjadi di Bulan September dan November. Kemudian puncak musim hujan akan terjadi di bulan Desember 2022 dan Januari 2023,” jelas Muflichah.

Ia menjelaskan, cuaca ekstrem yang mungkin terjadi, dipicu oleh dinamika atmosfir. Di antaranya adanya potensi belokan dan kecepatan angin di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Pemicu tersebut dapat menyebabkan aktifnya atmosfir yang berpotensi menurunkan hujan.

“Aktifnya atmosfir madden julian, gelombang rosfi dan gelombang lainnya dalam sepekan ke depan dapat meningkatkan potensi awan hujan di beberapa wilayah Magelang dan juga sekitarnya,” jelasnya.

Baca juga: Musim Hujan Mulai Datang, Warga Desa Wonosoco Dihantui Banjir Bandang (2/5)

Dijelaskannya, secara umum, sejumlah daerah di Jawa Tengah akan memasuki musim hujan pada awal oktober, namun di beberapa daerah berpotensi turun hujan pada September. Daerah-daerah yang berpotensi turun hujan lebih awal, yaitu Magelang dan sekitarnya seperti Wonosobo dan lainnya.

“Menyikapi hal tersebut, pihak BPBD Kabupaten Magelang akan segera melakukan pencegahan-pencegahan di wilayah yang rawan terkena bencana,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler