31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaUMKMMobil Mainan dari...

Mobil Mainan dari Kayu Hingga Kuda Jungkit Buatan Mukudori Ini Laris Manis, Harga Mulai Rp 40 Ribu

BETANEWS.ID, MAGELANG – Tumpukan mobil mainan yang terbuat dari kayu dan juga kuda jungkit dengan aneka warna, tampak tertata rapi di sebuah kios kecil di pinggir jalan Lintas Jogja – Magelang. Baik mobil mainan maupun kuda jungkit yang dijual tersebut, merupakan produk kerajinan tangan dari sang pemilik kios.

Pemilik kios, Mukudori menjelaskan, mobil mainan dari kayu serta kuda jungkit diproduksi bersama tukang lainnya. Menurutnya, ia sudah memproduksi kerajinan tersebut sejak belasan tahun lalu.

Mukudori, Perajin Mobil Mainan dari Kayu. Foto: Budi Prasetyo.

Baca juga: Tersedia Banyak Model, Mobil Aki Mainan di Toko MYQ Toys Terjual Hingga 70 Unit Sebulan

- Ads Banner -

“Sudah dari tahun 2010 sudah membuat mainan kuda jungkit dan truk dari kayu. Kami terkadang mengalami kesulitan dalam mencari bahan, kadang mudah, tapi terkadang juga sangat sulit mencari bahan. Itu yang menjadi kendala kita selama ini,” ujar Mukudori.

Menurutnya, untuk bahan baku biasanya didapatkan dari Magelang, namun jika bahan sedang sulit untuk dicari, maka ia harus mencari sampai ke daerah tetangga seperti Temanggung dan sekitarnya.

“Untuk proses pembuatan, sekali buat itu banyak, jadi tidak memakan waktu. Sekali buat sekitar 80 biji, memakan waktu dua sampai tiga minggu. Mulai dari nol sampai selesai pengecetan, dikerjakan 3 tukang,” jelas Mukudori.

Untuk harga mainan sangat bervariasi, mulai dari harga puluhan ribu hingga ratusan ribu. Untuk harga termurah mobil mainan dari kayu Rp 40 ribu, sementara harga termahal Rp 500 ribu.

“Harga sangat bervariasi, mulai dari Rp 40 ribu, ada yang Rp 60 ribu, Rp 80 ribu, Rp 120 ribu sampai Rp 500 ribu. Kalau untuk kuda jungkit rata-rata Rp 100 ribu,” jelasnya.

Mukudori menjelaskan, dirinya sering menerima pesanan mainan dalam jumlah yang besar. Biasanya sekolah-sekolah TK dan PAUD memesan mainan, khususnya kuda jungkit. Bahkan bukan hanya dari wilayah Magelang saja melainkan dari luar daerah.

Baca juga: Mobil Aki Mainannya Laris Manis, Ihsan Kini Punya Dua Toko MYQ Toys

“Selain dijual di sini, juga grosiran. Jadi banyak yang buat kulakan untuk dijual lagi. Ada yang dari Cilacap, dari Demak, Jepara, Purwodadi, Jogja, Bantul, banyak yang keluar kota,” jelas Mukudori.

Selain menjual secara grosir dan eceran di kios, ia juga menjual secara online. Untuk penjualan secara online melalui Facebook dengan akun Mukudori.

“Untuk yang mau datang ke kios alamatnya di Jalan Raya Magelang – Jogja Km 7, Dusun Pare, Desa Blondo, Kecamatan Mungkid, Magelang, tepat di depan Tempat Pemungutan Pajak Bukan Mineral,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler