31 C
Kudus
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaKUDUSMesin SKM untuk...

Mesin SKM untuk KIHT di Kudus Dilelang Pekan Ini

BETANEWS.ID, KUDUS – Pekan ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus segera melakukan lelang mesin pelinting rokok atau sigaret kretek mesin (SKM). Mesin tersebut nantinya akan ditaruh di Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT).

Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Kopersai (Disnakerperinkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Kudus yakni Rini Kartika Hadi Ahmawati mengatakan, anggaran yang dibutuhkan untuk pengadaan mesin pelinting rokok itu kurang lebih Rp 2,9 miliar. Sedangkan anggaran tersebut bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2022.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Kopersai (Disnakerperinkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Kudus, Rini Kartika Hadi Ahmawati. Foto: Rabu Sipan.

Baca juga: Tekan Peredaran Rokok Ilegal, Pemkab Kudus Tambah Tiga Gedung di KIHT

- Ads Banner -

“Anggarannya dari DBHCHT. Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 215/2021 tentang Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau,” ujarnya kepada Betanews.id, saat dikonfirmasi melalui aplikasi pengirim pesan, Senin (26/9/2022).

Rini mengatakan, proses lelang dilaksanakan, karena perakitan mesin sudah dilakukan dan Tingkat Komponen Dalam Negeri sebanyak 40 persen juga sudah terpenuhi. Sehingga proses lelang segera dilaksanakan agar mesin SKM bisa segera dimanfaatkan perusahaan rokok yang ada di KIHT.

“Dengan adanya mesin SKM, diharapkan mampu meningkatkan produksi rokok pengusaha kecil yang ada di KIHT. Serta mereka juga bisa memproduksi rokok filter atau rokok putih. Tidak seperti saat ini yang hanya memproduksi rokok sigaret kretek tangan (SKT),” jelasnya.

Dia menuturkan, saat ini pihaknya fokus pada proses lelang, agar berjalan lancar. Sedangkan untuk pengelolaan mesin SKM tersebut akan dikoordinasikan lebih lanjut oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kudus.

“Untuk pengelolaan mesin, nanti akan kita koordinasikan lebih lanjut dengan BPPKAD. Nanti sistemnya sewa atau bagaimana, serta tarif sewanya,” ungkapnya.

Baca juga: Berikan Mesin Cetak Bungkus Rokok ke KIHT Kudus, Ganjar: ‘Semoga Kualitas Produksinya Meningkat’

Dia menjelaskan, mesin SKM yang dipesan adalah jenis MK-8 produk dari Taiwan. Mesin pelinting itu diperkirakan mampu memproduksi rokok SKM sebanyak 1,5 ribu per menitnya.

“Mesin SKM jenis MK-8 produk dari Taiwan, bukan dari Jerman. Hal itu dikarenakan anggarannya yang tidak mencukupi,” pungkasnya.

Editor: Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler