31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaSOLOMendag Zulhas Pastikan...

Mendag Zulhas Pastikan Harga Bahan Pokok di Solo Tak Terimbas Kenaikan Harga BBM

BETANEWS.ID, SOLO – Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia (RI) Zulkifli Hasan kembali mengecek harga kebutuhan pokok di Solo, yaitu di Pasar Gede, Kamis (15/9/2022). Dalam tinjaun itu, dia mendapati harganya tak terpengaruh kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

“Kebutuhan pokoknya tetap, seperti telur Rp27 ribu per kilogram. Itu sedang, harganya sudah bagus. Karena kalau harganya di bawah itu lagi, pengusaha telur tutup, rugi, karena modalnya Rp22 ribu. Jadi Rp27 ribu sedang, pedagang untung, UMKMnya juga nggak rugi,” kata Zulhas.

Harga cabai, lanjut Zulhas, masih berada di angka rata-rata Rp70 ribu per kilogram. Menurutnya, cabai yang dijual juga dalam kualitas yang bagus.

- Ads Banner -

Baca juga: Ganjar Siapkan Antisipasi Meroketnya Harga Kebutuhan Pokok Usai BBM Naik

“Dulu waktu saya baru diangkat Pak Presiden bawang Rp80 ribu, cabai Rp120 ribu. Bawang, tadi bawangnya besar-besar dan bagus-bagus, yang terbaik kualitas premium, itu Rp35 ribu. Itu kalau yang biasa Rp30 ribu, tetapi itu jauh,” lanjutnya.

Sementara, untuk harga daging ayam berada di angka Rp35 ribu. Menurut Zulhas, harga tersebut sudah cukup murah. Namun menurutnya, harga juga masih bagus bagi para peternak ayam jka dibandingkan dengan sebelumnya saat harga daging ayam Rp15 ribu per kilogram yang sangat merugikan peternak.

“Karena modalnya Rp23-24 ribu untuk besarkan ayam itu. Akhirnya saya panggil, dan per hari naik Rp500, sekarang sudah Rp20 ribu. Kalau Rp20 ribu masih pas-pasan, dia harus Rp22 ribu itu mengembangkan usahanya. Jadi naik sampai ketemu Rp24 ribu supaya untung, tetapi di pasar tetap Rp35 ribu,” ujar Zulhas.

Tak lupa, Zulhas juga menyoroti harga minyak goreng. Ia menyebut, harga minyak goreng yang disubsidi oleh pemerintah Harga Ecer Tertinggi (HET)-nya adalah RP14 ribu.

“Minyak kalau dari minyak perdagangan itu kan HET Rp14 ribu, kecuali kalau yang premium atau brand. Tapi kalau minyak kita paling mahal Rp14 ribu, tapi di beberapa tempat karena sekarang sudah turun ada yang Rp13-13,5 ribu,” kata dia.

Baca juga: Imbas Kenaikan BBM, Harga Cabai dan Bawang Juga Ikut Naik

Sementara itu, menurut salah seorang pedagang Tatik, harga telur Rp27 ribu per kilogram sudah normal dan pas.

“Harga telur Rp27 ribu itu audah pas sudah bormal. Bawang merah berapa Rp35 ribu, minyak premium Rp20 ribu per liter, bawang putih Rp28 ribu ” kata Tatik.

Namun, untuk hagra bahan pokok berbahan dasar terigu masih mengalami kenaikan.

“Tepung  Rp13 ribu per kilogram, dulu Rp8 ribu. Kerupuk juga naik per bungkus Rp1 ribu,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler