31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaKEDUMAGELANGIni Pentingnya Punya...

Ini Pentingnya Punya NIB Bagi Pelaku UMKM

BETANEWS.ID, MAGELANG – Nomor Induk Berusaha (NIB) penting untuk dimiliki pelaku usaha, tak terkecuali pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dengan memiliki NIB, para pelaku UMKM bisa mendapatkan banyak manfaat.

Kabid Pelayanan Perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Magelang Arif Sunaryo menjelaskan, banyak manfaat bagi pelaku UMKM yang memiliki NIB. NIB bisa digunakan untuk keperluan dalam berusaha.

Baca juga: Gratis, Ratusan Pelaku UMKM di Kudus Antusias Urus NIB Hingga PIRT dan Sertifikat Halal

- Ads Banner -

“NIB ini manfaatnya banyak sekali. Sebagai jaminan kenyamana berusaha, bisa digunakan keperluan-keperluan adminitrasi keuangan yang lain, atau mungkin memberikan bagi pelaku usaha merasa legal,” jelas Arif.

Ia menjelaskan, pelaku UMKM yang memiliki NIB dalam berusaha, bisa lebih fokus dalam pengembangan usaha itu senidiri. Dengan NIB menjadi legal bagi pelaku UMKM, tentu akan mempermudah dalam pengembangan usaha itu sendiri.

Adapun manfaat lain seperti, memfasilitasi pelaku UMKM, kemudian data perizinan dalam satu identitas. Artinya, jika pelaku UMKM melakukan perngurusan perizinan, tidak perlu membawa banyak berkas jika sudah memiliki NIB. Selain itu, bagi pelaku UMKM juga dapat memudahkan akses keuangan dan manfaat lainnya.

Arif Sunaryo menjelaskan, bagi pelaku UMKM di bidang makanan, NIB sangat dibutuhkan. Menurutnya, untuk pengurusan Sertifikat Peroduksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) dan Sertifikasi Standar dari Dinas Kesehatan juga membutuhkan NIB.

“Alur untuk pengurusan SPP-IRT dan sertifika standar di Dinas Kesehatan juga membutuhkan NIB dari DPMPTSP. Artinya pelaku UMKM khususnya makanan sangat membutuhkan NIB ini,” jelas Arif Sunaryo.

Baca juga: Terapkan OSS RBA, Kini Perizinan Usaha di Kudus Lebih Simpel dan Mudah

Ia mengimbau kepada para pelaku UMKM yang ada di Magelang untuk segera mengurus NIB. Dinas PMPTSP akan membantu bagi para pelaku UMKM yang ada di Magelang dalam pengurusan NIB.

“Kami mengimbau kepada pelaku UMKM untuk bisa melengkapi usahanya dengan perizinan UMKM-nya bisa dengan mudah diperoleh. Kalaupun masyarakat kelompok UMKM banyak, petugas dari dinas yang akan mendatangi dimana UMKM berada,” pungkasnya.

Editor: Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler