31 C
Kudus
Minggu, Desember 4, 2022
BerandaPENDIDIKANDinas Arpus Jateng...

Dinas Arpus Jateng Verifikasi Lumbung Baca di Kampung Budaya Piji Wetan

BETANEWS.ID, KUDUS – Tim pendataan berbasis wilayah dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) bersama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Daerah, melakukan visitasi dan verifikasi lumbung baca di Kampung Budaya Piji Wetan Desa Lau, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Tujuan diakannya kegiatan itu, untuk mendata perpustakaan di daerah yang nantinya diaplikasikan secara nasional.

Hal itu disampaikan Enumerator Petugas Pendataan Perpustakaan Berbasis Wilayah Jateng Wulan Rahmawati. Pendataan memiliki target 70 perpustakaan desa. Adapun yang masuk dalam katagori pendataan yaitu, perpustakaan wilayah, taman baca, dan khusus.

Tim pendataan berbasis wilayah dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Jateng saat visitasi dan verifikasi lumbung baca di Kampung Budaya Piji Wetan Desa Lau, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Foto: Sekarwati.

Baca juga: Tim Dana Indonesiana Kemendikbudristek Lakukan Verifikasi Lapangan di Kampung Budaya Piji Wetan

- Ads Banner -

“Hari ini itu pendataan perpustakaan berbasis wilayah, jadi ini kegiatan perpustakaan nasional turun ke provinsi Jawa Tengah, sedangkan dari pihak provinsi menunjuk dua orang petugas pendataan untuk melakukan pendataan di wilayahnya. Dari provinsi itu ada targetnya yaitu 70 perpustakaan desa. Selain perpustakaan juga taman baca masyarakat dan perpustakaan khusus seperti di instansi, tempat layanan, rumah sakit umum, lapas, badan statistik, Bawaslu dan lain-lain,” katanya pada Rabu (21/9/2022).

Lumbung baca di Kampung Budaya Piji Wetan, lanjut Wulan, telah memiliki kegiatan yang rutin dan berkelanjutan. Proses pendataan yang memakan waktu empat bulan itu nantinya, akan memberikan Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) yang diaplikasikan secara nasional.

“Kalau di Kampung Budaya Piji Wetan kan bagian dari Desa Lau, sebenarnya di perpustakaan Desa Lau juga ada perpustakaannya sendiri tapi tidak masalah, karena lumbung baca kan perseorangan. Di sini juga bagus, selain itu kegiatannya juga jalan,” imbuhnya.

Sedangkan menurut Pustakawan Lumbung Baca dan Aktivis Panggung Ngepringan Muhammad Ulul Azmi, Lumbung Baca Kampung Budaya Piji Wetan memiliki kegiatan rutinan setiap Jumat. Ia menerangkan, tidak hanya membaca, masyarakat juga diajarkan kesenian dan mengembangkan bakatnya di lumbung baca.

“Lumbung baca perpustakaan Kampung Budaya Piji Wetan di sini setiap hari Jumat jam empat sore ada kelas anak-anak, mendongeng, menggambar. Terus ada kelas anak muda itu desain, fotografi, dan lain sebagainya. Lumbung baca ini sebagai fasilitas untuk warga sini dan luar,” terangnya.

Baca juga: 2 Tim dari Kampung Budaya Piji Wetan Wakili Kudus pada Program KBKM yang Digelar Kemdikbud RI

Ia berharap, dengan adanya kunjungan itu, lumbung baca di Kampung Budaya Piji Wetan mampu memberikan kesejahteraan masyarakat maupun luar Desa Lau. Perpustakaan tidak hanya dijadikan pusat literasi, melainkan tempat mengembangkan bakat.

“Harapannya, perpustakaan tidak hanya menjadi tempat literasi, tapi perpustakaan itu mampu mengembangkan bakat dan menyejahterakan masyarakat yang memiliki skill yang bisa diasah di perpustakaan,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler