31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaEKONOMIBank Jateng Kembali...

Bank Jateng Kembali Luncurkan Kredit Murah untuk UMKM dan Pedagang Tanpa Agunan

BETANEWS.ID, KUDUS – Bank Jateng melaunching program Kredit Lapak dan Kredit Mitra Jateng 25, pada 9 September 2022 di Solo. Kredit berbunga rendah itu ditujukan untuk para pedagang dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di seluruh wilayah Jawa Tengah termasuk di Kabupaten Kudus.

Pemimpin Cabang Koordinator Bank Jateng Cabang Koordinator Pati Retno Wulandari mengatakan, dengan adanya kredit berbunga rendah bagi pelaku UMKM dan pedagang, diharapkan bisa menggeliatkan usaha kecil. Sehingga pemulihan ekonomi di Jawa Tengah, termasuk di Kudus bisa makin cepat.

Hartopo, Bupati Kudus berfoto bersama karyawan Bank Jateng Kudus. Foto: Rabu Sipan.

Baca juga: RSUD Kudus Dapat Bantuan 2 Mobil Dinas dari Bank Jateng

- Ads Banner -

“Apalagi ini juga baru ada kenaikan harga BBM, tentunya dampaknya sangat terasa bagi para pelaku usaha kecil dan pedagang. Dengan adanya kredit berbunga rendah, diharapkan bisa membantu pemulihan ekonomi,” ujar perempuan yang akrab disapa Retno kepada awak media, Senin (12/9/2022).

Meski dilaunching bersamaan, nominal besaran pinjaman antara Kredit Lapak dan Kredit Mitra Jateng 25 berbeda. Untuk Kredit Lapak pinjamannya maksimal Rp 10 juta. Sementara Kredit Mitra Jateng 25 maksimal pinjamannya Rp 25 juta.

“Bunganya cukup rendah, untuk Kredit Mitra Jateng 25 bunganya hanya tiga persen. Sedangkan Kredit Lapak bunganya tujuh persen. Namun, karena disubsidi lima persen, jadi bunga Kredit Lapak hanya dua persen,” jelasnya.

Masa tenor dari Kredit Lapak dan Kredit Mitra Jateng tergantung peruntukan. Terkait persyaratan, lanjut Retno, cukup mudah. Untuk kredit Lapak, berarti harus pedagang. Sedangkan untuk kredit Mitra Jateng 25 mereka punya pemilik usaha mikro dan kecil.

“Tentunya juga KTP dan KK. Serta yang penting, kedua kredit ini tanpa agunan,” tandasnya.

Baca juga: Libatkan KPK untuk Atasi Kredit Macet, Debitur Nakal di Bank Jateng Akhirnya Bayar Angsuran

Dia mengungkapkan, target penyaluran Kredit Lapak dan Kredit Mitra Jateng 25 ini bukan nominal, tapi bagaimana bisa mendapatkan nasabah para pedagang dan pelaku UMKM sebanyak-banyaknya.

“Target sebanyak-banyaknya. Dalam dua pekan, Gubernur menargetkan Bank Jateng bisa menyalurkan Kredit Lapak dan Kredit Mitra Jateng 25 ke banyak pedagang dan pelaku UMKM,” imbuhnya.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler